ANALISIS EFEK NON LINIER FOUR WAVE MIXING (FWM) PADA SISTEM LONG HAUL ULTRA DENSE WAVELENGTH DIVISION MULTIPLEXING (U-DWDM)

RAHMADIANTI NELSON

Informasi Dasar

19.04.842
C
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Perkembangan sistem komunikasi optik yang pesat mengakibatkan perkembangan pada teknologi berbasis WDM juga meningkat. Dense Wavelength Division Multiplexing (DWDM) yang merupakan pengembangan dari WDM memiliki banyak kelebihan dibanding teknologi pendahulunya. Namun sistem berbasis DWDM memiliki beberapa kelemahan, salah satunya efek non linieritas yang dapat mempengaruhi performansi Jaringan optik.

Efek non linieritas dapat menimbulkan beberapa efek seperti Self phase Modulation (SPM), Cross Phase Modulation (XPM) dan Four Wave Mixing (FWM). Penelitian ini terdiri dari 4 skenario. Skenario pertama, melakukan perhitungan matematis dan simulasi pada sistem Long Haul U-DWDM tanpa penguat dan tanpa efek non linier. Skenario kedua, melakukan perhitungan matematis dan simulasi pada sistem Long Haul U-DWDM dengan penguat Hybrid Optical Amplifier FRA-EDFA dan tanpa efek non linier. Skenario ketiga, melakukan simulasi pada sistem Long Haul U-DWDM tanpa penguat dan dengan efek non linier. Skenario keempat, melakukan simulasi pada sistem Long Haul U-DWDM dengan penguat Hybrid Optical Amplifier FRA-EDFA dan dengan efek non linier.

Hasil penelitian akhir yaitu efek non linier Four wave Mixing (FWM) pada sistem Long Haul U-DWDM dapat menurunkan kualitas performansi pada sistem dengan rata-rata 10%. namun dengan penambahan Hybrid Optical Amplifier (HOA) FRA-EDFA pada sistem dapat meminimalisir efek non linieritas tersebut. Sehingga kualitas performansi sistem akan tetap baik walaupun terkena efek non linieritas.

Subjek

Fiber optics
 

Katalog

ANALISIS EFEK NON LINIER FOUR WAVE MIXING (FWM) PADA SISTEM LONG HAUL ULTRA DENSE WAVELENGTH DIVISION MULTIPLEXING (U-DWDM)
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

RAHMADIANTI NELSON
Perorangan
Akhmad Hambali, Brian Pamukti
 

Penerbit

Universitas Telkom, Fakultas Teknik Elektro
Bandung
2019

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini