Analisa FMEA dan Kapabilitas Proses Part Housing Assy Bracket Perusahaan PT Sungwoo Indonesia

AKHMAD ERZA ARDISTIAR

Informasi Dasar

19.04.295
658.56
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Kualitas sebuah produk perlu diperhatikan. Dengan kualitas produk yang baik maka membuat reputasi sebuah perusahaan menjadi semakin baik, maka terjamin pula produk yang diproduksi oleh perusahaan dengan melakukan Total quality management. menurut ahli, TQM adalah suatu makna dan standar mutu dalam organisasi yang memberikan suatu filosofi perangkat alat untuk memperbaiki mutu. TQM dicapai dengan ide sentral yang diwujudkan dalam bentuk pelaksanaan, sedangkan menurut data yang diperoleh dari perusahaan, perusahaan melakukan TQM guna mendapatkan produk yang sesuai standar.

Penelitian ini dilakukan untuk mendapatkan produksi dengan menerapkan metode FMEA, diagram control dan porses kapabilitas. Penelitian Analis FMEA dan proses kapabilitas bertujuan untuk menganalisa produk dari segi proses pembuatan dan kualitas produk pada produk part Housing Assy Bracket yang diproduksi. Pada penelitan ini mempunyai teknik pengumpulan data berupa studi dokumentasi. Pada penelitian ini populasi yang digunakan adalah part Housing Assy Bracket yang diproduksi oleh perusahaan PT Sungwoo Indonesia. Sampel yang digunakan pada penelitian adalah 100 sampel part Housing Assy Bracket

Hasil dari penelitian ini adalah pada analisa FMEA proses yang terjadi dalam pembuatan produk tidak ditemukan nilai RPN yang melebihi RPN standar perusahaan yaitu 100. Dalam perhitungan diagram control part yang diprosuksi masih terkendali dikarenakan tidak melewati Batasan atas dan bawah yang sudah dipatkan dari perhitungan. Dalam perhitungan proses kapabilitas part yang diproduksi juga mempunyai nilai yang berada pada standar perusahaan yaitu diatas 1.67 yang berarti part tersebut dinyatakan accept.

Dari hasil yang didapat, disarankan kepada perusahaan untuk melakukan sebuah pemeriksaan rutin dikarenakan FMEA merupakan living document yang berarti data tersebut akan selalu memiliki data yang terbaru, dan dengan melakukan analisa tabel kontrol dan proses kapabilitas merusahaan tetap melakukan maintenance terhadap mesin yang dimiliki agar ketika melakukan produksi mendapatkan hasil part yang sesuai standar.

Subjek

QUALITY PRODUCT
 

Katalog

Analisa FMEA dan Kapabilitas Proses Part Housing Assy Bracket Perusahaan PT Sungwoo Indonesia
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

AKHMAD ERZA ARDISTIAR
Perorangan
RR. RIEKA F. HUTAMI
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2019

Koleksi

Kompetensi

  • SM532033 - MANAJEMEN OPERASI
  • SM432043 - METODE KUANTITATIF

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini