Evaluasi dan Pengukuran Tingkat Kematangan Manajemen Risiko Berbasis Enterprise Risk Management COSO. Studi Kasus PT Telekomunikasi Indonesia International.

I MADE SURYA WIRAWAN

Informasi Dasar

19.05.008
332.015 195
Karya Ilmiah - Thesis (S2) - Reference

Program pengembangan bisnis internasional yang dilakukan oleh PT Telkom dan Telin dalam kurun waktu 2007-2014 telah melahirkan 10 anak perusahaan dan afiliasi (subsidiary) di 10 negara yang berbeda. Pendirian masing-masing subsidiary dilakukan melalui kajian bisnis yang matang, yang memproyeksikan benefit di masa mendatang bagi pertumbuhan kinerja grup perusahaan, baik dalam lingkup Telin maupun lingkup Telkom Group. Namun seperti halnya potensi bisnis pada umumnya, program strategis pengembangan bisnis internasional juga memiliki risiko bisnis tersendiri. Strategi yang diterapkan manajemen dalam pengembangan masing-masing subsidiary disesuaikan dengan kondisi lingkungan dari masing-masing entitas. Keberhasilan implementasi strategi tersebut tentunya harus didukung oleh kinerja semua unit organisasi di Telin termasuk di dalamnya keberhasilan perusahaan dalam pengelolaan risiko. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui gambaran tentang keselaran dari penerapan manajemen risiko di Telin dengan upaya mendukung pencapaian obyektif perusahaan. Lebih jauh lagi, Penulis melakukan pemetaan terhadap tingkat kematangan dari penerapan manajemen risiko dengan menggunakan model Risk Maturity yang dipublikasikan oleh RIMS. Penelitian ini bersifat kualitatif, dengan pengumpulan data melalui studi pustaka serta proses wawancara terhadap unit pengelola manajemen risiko di Telin. Hasil analisis data menunjukkan bahwa penerapan manajemen risiko di Telin sudah dilakukan selaras dengan obyektif perusahaan, yang diimplementasikan sesuai pedoman dari kerangka manajemen risiko perusahaan COSO. Dengan menggunakan model Risk Maturity dari RIMS, Penulis menyimpulkan bahwa tingkat kematangan penerapan manajemen risiko di Telin sudah hampir mencapai level Managed (mengacu kepada definisi dari RIMS), yang menunjukkan bahwa secara umum penerapan manajemen risiko di Telin telah dilaksanakan secara memadai. Kata kunci: Bisnis Internasional, Manajemen Risiko, Tingkat Kematangan Manajemen Risiko.

Subjek

RISK MANAGEMENT
 

Katalog

Evaluasi dan Pengukuran Tingkat Kematangan Manajemen Risiko Berbasis Enterprise Risk Management COSO. Studi Kasus PT Telekomunikasi Indonesia International.
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

I MADE SURYA WIRAWAN
Perorangan
DADAN RAHADIAN
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2019

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini