Implementasi dan Analisis User Experience Responsive Web Design Menggunakan Strategi Mobile-First (Studi Kasus: Website CGV Cinemas)

MUHAMMAD ARFIATNA PRAMBUDI

Informasi Dasar

19.04.038
006.7
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Seiring berkembangnya teknologi informasi, tren pengaksesan Internet melalui mobile device sangat berkembang. Hal ini menyebabkan website harus dapat menyesuaikan dengan keterbatasan serta kemampuan dari mobile device demi terjaganya user experience pengakses. Namun saat ini terdapat salah satu website yang belum responsif terhadap perangkat pengguna yaitu website dari salah satu jaringan bioskop di Indonesia, CGV Cinemas, yang yang memiliki skor system usability scale (SUS) 47,5 sehingga memiliki nilai F dan predikat ‘not acceptable’ dan memiliki nilai buruk pada aspek Attractiveness, Efficiency, dan Novelty saat diuji menggunakan user experience questionnaire (UEQ) pada saat diakses mobile device. Maka dari itu solusi yang digunakan untuk mengatasi buruknya user experience tersebut adalah responsive web design dengan menggunakan strategi mobile-first. Responsive web design dengan menggunakan strategi mobile-first dapat membuat website menyesuaikan terhadap perangkat pengaksesnya, dan fokus dari pengembangan website beralih kepada mobile device sesuai dengan keadaan website CGV. Pada penelitian ini diimplementasikan responsive web design dengan strategi mobile-first untuk membuat rekomendasi prototype dan diuji menggunakan system usability scale (SUS) dan user experience questionnaire (UEQ). Hasil prototype yang dibangun dengan menerapkan solusi tersebut memiliki skor SUS yang jauh lebih baik yaitu 82.5 yang mendapatkan nilai A dan juga memproleh predikat baik pada 6 aspek di UEQ saat diakses menggunakan mobile device.

Subjek

Human computer interaction
 

Katalog

Implementasi dan Analisis User Experience Responsive Web Design Menggunakan Strategi Mobile-First (Studi Kasus: Website CGV Cinemas)
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

MUHAMMAD ARFIATNA PRAMBUDI
Perorangan
Danang Junaedi, Indra Lukmana Sardi
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2019

Koleksi

Kompetensi

  • CSG2C3 - INTERAKSI MANUSIA DAN KOMPUTER
  • CSG2J3 - REKAYASA PERANGKAT LUNAK
  • CSG3A3 - SISTEM INFORMASI

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini