PENENTUAN PRIORITAS KRITERIA PEMILIHAN KANDIDAT REKTOR PADA PERGURUAN TINGGI SWASTA X DENGAN METODE ANALYTICAL HIERARCHY PROCESS (AHP)

NADIRA CAHYA UTAMI RUSLI

Informasi Dasar

18.04.3158
658.3
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

PTS X akan melaksanakan pemilihan rektor yang kedua pada tahun 2019, hal ini tentunya memerlukan persiapan dan pelaksanaan yang matang dan detail. Dalam proses rekrutmen dan seleksi pemilihan rektor dibutuhkan kriteria-kriteria yang harus dipenuhi oleh calon kandidat sebelum akhirnya terpilih menjadi kandidat rektor di PTS X. PTS X telah memiliki kriteria untuk menjadi seorang rektor di dalam statuta, tetapi kriteria tersebut digunakan pada pemilihan pertama tahun 2013 lalu yang memungkinkan adanya perubahan ditahun 2019 nantinya. Kriteria pada statuta tersebut juga belum diketahui tingkat prioritasnya. Kriteria yang telah ada akan dibandingkan dengan persyaratan lainnya untuk mendapatkan kriteria yang sesuai sehingga dapat mewujudkan visi dan misi dari PTS X. Penentuan kriteria akan dipilih dengan melakukan identifikasi bersama seorang expert dibidang tersebut yang juga merupakan anggota senat PTS X. Tujuan dari penelitian ini adalah (1) Mengidentifikasi kriteria yang dibutuhkan dari jabatan rektor pada PTS X dan (2) Menentukan bobot prioritas pada setiap kriteria jabatan rektor di PTS X berdasarkan kriteria yang memiliki bobot tertinggi. Data penelitian yang dikumpulkan terdiri dari data primer dan sekunder. Data sekunder diperoleh dari berbagai literatur, hasil penelitian terdahulu, dan sumber lainnya yang relevan dengan topik ini. Pengolahan data yang digunakan adalah Analytic Hierarchy Process (AHP) untuk menentukan nilai prioritas dari faktor, aktor, tujuan, dan alternatif. Berdasarkan hasil pengolahan data diketahui kriteria yang menjadi prioritas adalah berpengalaman dalam kepemimpinan (0.2279), kepribadian yang baik (0.1748), profesional (0.1453), visioner (0.1264), berpengalaman dalam manajerial (0.1259), berwawasan luas (0.867), berintegritas (0.858) dan memiliki jiwa kewirausahaan (0.271). Kriteria-kriteria ini kemudian digunakan dalam penyusunan rancangan proses rekrutmen dan seleksi bagi rektor di PTS X. Kata kunci: AHP, Rektor, Kriteria, Bobot

Subjek

PERSONNEL MANAGEMENT
 

Katalog

PENENTUAN PRIORITAS KRITERIA PEMILIHAN KANDIDAT REKTOR PADA PERGURUAN TINGGI SWASTA X DENGAN METODE ANALYTICAL HIERARCHY PROCESS (AHP)
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

NADIRA CAHYA UTAMI RUSLI
Perorangan
BUDI SULISTYO, ATYA NUR AISHA
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2018

Koleksi

Kompetensi

  • IEG3C3 - SISTEM MANAJEMEN SUMBER DAYA MANUSIA
  • IE4424 - TUGAS AKHIR

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini