ANALISIS DAN PERANCANGAN HELPDESK TICKETING SYSTEM UNTUK MENGELOLA TINDAK PERBAIKAN PERANGKAT KOMPUTER DAN JARINGAN PDA PT. LEN INDUSTRI (PERSERO) MENGGUNAKAN METODOLOGI PDCA (PLAN-DO-CHECK-ACT)

YURIFATUL ISWARA

Informasi Dasar

18.04.2832
C
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Abstrak PT Len Industri (Persero) merupakan salah satu perusahaan yang memanfaatkan teknologi informasi untuk membantu meningkatkan efisiensi proses yang ada di perusahaannya. Perawatan terhadap perangkat yang digunakan untuk teknologi informasi tersebut juga merupakan hal yang penting. PT Len Industri (Persero) memiliki unit kerja untuk menangani masalah perawatan perangkat tersebut yaitu unit kerja Sistem Informasi bagian Maintenance. Unit kerja Sistem Informasi di PT. Len Industri (Persero) telah menerapkan sistem pelaporan masalah komputer dan jaringan, namun dalam penerapannya laporan tindak perbaikan yang dilakukan dicatat menggunakan kertas sehingga data akan rentan untuk rusak, hilang data dan penumpukan data. Berdasarkan kondisi tersebut maka dibutuhkan suatu sistem yang terkomputerisasi yang menggunakan sistem tiket untuk melaporkan permasalahan komputer dan jaringan. Sistem yang terkomputerisasi ini berupa Open Source yaitu aplikasi Helpdesk Ticketing System menggunakan metodologi PDCA (Plan-Do-Check-Action). Metodologi ini melalui tahap Plan (analisis dan desain), tahap Do (simulasi), Check (pemeriksaan), dan Action (tindakan). Pada Penelitian ini metodologi PDCA yang digunakan hanya sampai pada tahap Check (pemeriksaan). Tujuan dari penerapan aplikasi pengelolaan tindak perbaikan perangkat komputer dan jaringan ini adalah untuk memberikan kemudahan dalam melakukan permintaan perbaikan atas masalah komputer dan jaringan yang ditemui oleh karyawan, pencatatan data terkomputerisasi, serta melakukan pelaporan kepada Manajer unit kerja Sistem Informasi pada PT. Len Industri (Persero). Hasil akhir dari penelitian ini adalah usulan aplikasi Helpdesk Ticketing System beserta prosedur dalam melakukan permintaan perbaikan perangkat komputer dan jaringan, tanggapan dari permintaan, dan laporan data tindak perbaikan yang diserahkan kepada Manajer unit kerja Sistem Informasi. Kata kunci : Open Source, Helpdesk Ticketing System, PDCA

Subjek

APPLICATION FOR OFFICE MANAGEMENT
 

Katalog

ANALISIS DAN PERANCANGAN HELPDESK TICKETING SYSTEM UNTUK MENGELOLA TINDAK PERBAIKAN PERANGKAT KOMPUTER DAN JARINGAN PDA PT. LEN INDUSTRI (PERSERO) MENGGUNAKAN METODOLOGI PDCA (PLAN-DO-CHECK-ACT)
 
 
 

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

YURIFATUL ISWARA
Perorangan
Irfan Darmawan, Umar Yunan Kurnia Septo Hediyanto
 

Penerbit

Universitas Telkom
 
2018

Koleksi

Kompetensi

  • ISG3A4 - ANALISIS DAN PERANCANGAN SISTEM INFORMASI
  • ISG3H3 - INTEGRASI APLIKASI ENTERPRISE
  • ISH3L3 - MANAJEMEN LAYANAN
  • ISH413 - MANAJEMEN LAYANAN JARINGAN
  • ISH4A2 - METODE PENELITIAN DAN PENYUSUNAN KARYA ILMIAH
  • ISI4C2 - METODE PENELITIAN DAN PENYUSUNAN KARYA ILMIAH
  • ISI3I3 - MANAJEMEN LAYANAN
  • ISI4W3 - MANAJEMEN LAYANAN JARINGAN

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini