ANALISIS DAN PERANCANGAN ENTERPRISE ARCHITECTURE PADA FUNGSI SUMBER DAYA MANUSIA DENGAN PENDEKATAN TOGAF ADM (STUDI KASUS: PT POS INDONESIA)

HARINA SILANONDA

Informasi Dasar

18.04.2755
658.403 8
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

PT. Pos Indonesia (Persero) merupakan sebuah Badan Usaha Milik Negara Indonesia yang bergerak di bidang jasa pengiriman. Saat ini, PT. Pos Indonesia memiliki 3 core business yaitu layanan surat dan paket, layanan jasa keuangan, dan layanan logistik. PT. Pos Indonesia (Persero) perlu digerakkan oleh sumber daya manusia yang kompeten. Perusahaan menyadari bahwa pengembangan sumber daya manusia memiliki korelasi langsung dengan pengembangan sumber daya manusia sehingga perusahaan harus memberikan perhatian yang besar dalam pengembangan sumber daya manusia.

Di fungsi SDM PT. Pos Indonesia (Persero) terdapat aplikasi pendukung yaitu SIM SDM yang merupakan aplikasi yang berfungsi dari seluruh kegiatan yang ada di fungsi SDM. Namun, di fungsi SDM belum terdapatnya sistem informasi untuk pengelolaan keluhan karyawan dan rekrutmen untuk mendukung kinerja karyawan yang ada di PT. Pos Indonesia (Persero). Maka dari itu, dibutuhkannya aplikasi usulan berupa e-recruitment dan e-complaint guna untuk meningkatkan seluruh kegiatan yang ada di fungsi SDM di PT. Pos Indonesia (Persero). Untuk mengoptimalkan aplikasi usulan tersebut dibutuhkannya rancangan enterprise architecture agar dapat menunjang aplikasi usulan tersebut serta kebutuhan perusahaan agar sesuai dengan visi misi perusahaan.

Enterprise architecture yang digunakan di perusahaan ialah TOGAF ADM yang dimulai dari fase Preliminary Phase hingga Migration Planning dan menghasilkan blueprint architecture yang dari arsitektur bisnis hingga IT Roadmap yang dapat dijadikan referensi di dalam implementasi enterprise architecture.

Kata Kunci: enterprise architecture, TOGAF, sumber daya manusia

Subjek

ENTERPRISE-ARCHITECTURE
information management

Katalog

ANALISIS DAN PERANCANGAN ENTERPRISE ARCHITECTURE PADA FUNGSI SUMBER DAYA MANUSIA DENGAN PENDEKATAN TOGAF ADM (STUDI KASUS: PT POS INDONESIA)
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

HARINA SILANONDA
Perorangan
WARIH PUSPITASARI, ASTI AMALIA NUR FAJRILLAH
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2018

Koleksi

Kompetensi

  • ISH3A3 - ARSITEKTUR ENTERPRISE
  • ISI3B3 - ARSITEKTUR ENTERPRISE

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini