OPERASI PERKALIAN KECEPATAN TINGGI PADA BILANGAN BINER MENGGUNAKAN ALGORITMA BOOTH

MUHAMMAD PUTRA PERDANA FAHRUDDIN

Informasi Dasar

18.04.2471
C
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Multiplier merupakan salah satu komponen penting pada operasi sistem yang memiliki tingkat kompleksitas yang tinggi seperti FIR filter, mikroprosesor, digital signal processor, dan lain-lain. Performa dari sistem umumnya ditentukan dari performa dari multiplier yang didesain. Hal ini terjadi dikarenakan multiplier pada sistem merupakan komponen yang membutuhkan waktu untuk beroperasi yang lebih lama dibanding dengan komponen lain pada sistem. Oleh karena itu, dibutuhkannya desain multiplier pada sistem yang lebih efisien dalam segi waktu untuk mencapai performa sistem yang lebih baik.

Hal ini menyebabkan penulis untuk melakukan penelitian salah satu metode perkalian atau multiplikasi cepat pada data dalam bentuk bilangan biner yang disebut dengan metode Booth’s Algorithm atau Booth’s Multiplication. Selain itu, penulis menggunakan metode Booth yang telah dikembangkan yang bernama Booth radix-4.

Penelitian dilakukan dengan melakukan pengujian pada simulasi testbench sistem yang telah didesain dan diimplementasikan pada board FPGA Altera DE-1. Lalu analisis yang dilakukan meliputi nilai delay pada sistem yang telah didesain dan penggunaan resource yang digunakan. Nilai delay dan penggunaan resource nantinya akan dibandingkan dengan metode lain dan metode konvensional. Parameter keberhasilan dari penelitian ini adalah menghasilkan perkalian bilangan biner yang lebih unggul atau lebih baik dibanding menggunakan metode yang konvensional atau yang lebih sederhana.

Kata Kunci: FIR Filter, multiplier, Booth’s Algorithm, Booth’s Multiplication, Booth radix- 4, FPGA.

Subjek

ELECTRICAL ENGINEERING
 

Katalog

OPERASI PERKALIAN KECEPATAN TINGGI PADA BILANGAN BINER MENGGUNAKAN ALGORITMA BOOTH
 
 
 

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

MUHAMMAD PUTRA PERDANA FAHRUDDIN
Perorangan
Iswahyudi Hidayat, Estananto
 

Penerbit

Universitas Telkom
 
2018

Koleksi

Kompetensi

  • EL2124 - ELEKTRONIKA I
  • ELG3D3 - MIKROKONTROLLER
  • ELG3A3 - MIKROPROSESOR
  • EL2314 - RANGKAIAN LISTRIK
  • EL2213 - TEKNIK DIGITAL

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini