ANALISIS PENERIMAAN PENGGUNA TERHADAP SISTEM ERP PADA FUNGSI AFTER SALES MENGGUNAKAN MODEL UNIFIED THEORY OF ACCEPTANCE AND USE OF TECHNOLOGY (UTAUT) (STUDI KASUS : PT WIJAYA TOYOTA DAGO)

VERINA RISKY ANDWIKA

Informasi Dasar

18.04.2200
C
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Unified Theory of Acceptance and Use of Technology (UTAUT) merupakan sebuah model yang digunakan untuk menjelaskan perilaku pengguna terhadap penerimaan teknologi informasi (Venkatesh, dkk, 2003). UTAUT merupakan pengembangan dari delapan teori terkemuka sebelumnya. UTAUT memiliki empat konstruk yang dapat menjadi faktor penentu langsung yang signifikan terhadap behavioral intention dan use behavioral, yaitu ialah performance expectancy, effort expectancy, social influence dan facilitating conditions. Model ini kemudian digunakan untuk menganalisis penerimaan pengguna terhadap Enterprise Resource Planning (ERP) pada PT Wijaya Toyota Dago. ERP adalah suatu sistem yang dapat membatu perusahaan untuk mengintegrasikan satu proses dengan proses lain, guna mencapai tujuan perusahaan. Penelitian ini akan menjelaskan tentang hubungan faktor-faktor yang membengaruhi penerimaan dan penggunaan ERP dengan menggunakan model UTAUT. Penelitian ini merupakan penelitian eksplanatif dengan teknik analisis data menggunakan PLS (Partial Least Square). Data yang diperoleh berasal dari responden yang merupakan karyawan fungsi After Sales PT Wijaya Toyota Dago, data diperoleh dengan cara menyebarkan kuesioner tertutup. Besarnya sampel dalam penelitian ini adalah 37 resonden dan dianalisis dengan menggunakan aplikasi SPSS dan SmartPLS. Hasil analisis yang diperoleh adalah sebagai berikut: (1) Variabel Performance Expectancy (PE) memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap Behavioral Intention (BI); (2) Variabel Effort Expectancy (EE) memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap Behavioral Intention (BI); (3) Variabel Social Influence (SI) memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap Behavioral Intention (BI); (4) Variabel Facilitating Conditions (FC) memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap Use Behavior; (5) Variabel Social Influence (SI) memiliki pengaruh positif tetapi tidak signifikan terhadap Behavioral Intention (BI).

Kata kunci: Enterprise Resource Planning (ERP), Unified Theory of Acceptance and Use of Technology (UTAUT). Partial Least Square (PLS).

Subjek

ENTERPRISE RESOURCE PLANNING
 

Katalog

ANALISIS PENERIMAAN PENGGUNA TERHADAP SISTEM ERP PADA FUNGSI AFTER SALES MENGGUNAKAN MODEL UNIFIED THEORY OF ACCEPTANCE AND USE OF TECHNOLOGY (UTAUT) (STUDI KASUS : PT WIJAYA TOYOTA DAGO)
 
 
 

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

VERINA RISKY ANDWIKA
Perorangan
Anik Hanifatul Azizah, R. Wahjoe Witjaksono
 

Penerbit

Universitas Telkom
 
2018

Koleksi

Kompetensi

  • ISH4T3 - ADOPSI ERP DAN MANAJEMEN PERUBAHAN
  • ISH4A2 - METODE PENELITIAN DAN PENYUSUNAN KARYA ILMIAH
  • IEG2E3 - STATISTIKA INDUSTRI
  • ISH4G4 - TUGAS AKHIR
  • ISI4C2 - METODE PENELITIAN DAN PENYUSUNAN KARYA ILMIAH
  • III4A4 - TUGAS AKHIR
  • III4A4 - TUGAS AKHIR

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini