EVALUASI PENGGUNAAN SISTEM ERP BERBASIS SAP MENGGUNAKAN THEORY OF PLANNED BEHAVIOUR (TPB) DI PT INDUSTRI TELEKOMUNIKASI INDONESIA (PT INTI)

HELEN DESYANI SANTOSO

Informasi Dasar

18.04.2194
C
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

PT INTI adalah salah satu perusahaan telekomunikasi yang telah mengimplementasikan aplikasi SAP. Kegagalan maupun keberhasilan menggunakan aplikasi SAP dapat dilihat dari segi teknis maupun non-teknis. Dari segi teknis berkaitan dengan berfungsi atau tidaknya sistem. Dari segi non-teknis berkaitan dengan persepsi penggunaan aplikasi SAP. Pada penelitian ini melakukan evaluasi penggunaan aplikasi SAP di PT INTI. Pemodelan yang digunakan dalam penelitian ini adalah theory of planned behaviour (TPB). Variabel yang digunakan adalah: attitude, subjective norm, perceived behavioural control, behavioural intention, dan behaviour. Pada pemodelan ini, menjelaskan mengenai behavioural intention (niat) dan behaviour (perilaku) seseorang untuk menggunakan aplikasi SAP. Niat seseorang untuk menggunakan aplikasi SAP dipengaruhi oleh variabel attitude, subjective norm, perceived behavioural control. Sedangkan pengaruh seseorang untuk menggunakan aplikasi SAP (behaviour) dipengaruhi oleh behavioural intention. Pengumpulan data menggunakan kuesioner, sedangkan responden dalam penelitian ini adalah pengguna aplikasi SAP di PT INTI sebanyak 44 responden. Pengolahan data dengan menggunakan pendekatan partial least square (PLS) yaitu menggunakan software smartPLS 2.0. Uji hipotesis menggunakan tingkat signifikan sebesar 0,05. Hasil yang didapatkan dari penelitian ini bahwa perceived behavioural control, attitude, subjective norm berpengaruh positif dan signifikan terhadap behavioural intention dalam menggunakan aplikasi SAP. Selain itu, perceived behavioural control berpengaruh positif dan signifikan terhadap behaviour untuk menggunakan aplikasi SAP.

Subjek

ENTERPRISE RESOURCE PLANNING
 

Katalog

EVALUASI PENGGUNAAN SISTEM ERP BERBASIS SAP MENGGUNAKAN THEORY OF PLANNED BEHAVIOUR (TPB) DI PT INDUSTRI TELEKOMUNIKASI INDONESIA (PT INTI)
 
 
 

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

HELEN DESYANI SANTOSO
Perorangan
R. Wahjoe Witjaksono, Anik Hanifatul Azizah
 

Penerbit

Universitas Telkom
 
2018

Koleksi

Kompetensi

  • ISH4T3 - ADOPSI ERP DAN MANAJEMEN PERUBAHAN
  • SEH2A3 - STATISTIKA INDUSTRI
  • ISI2F3 - STATISTIKA INDUSTRI

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini