EVALUASI WEBSITE PPDB BANDUNG BERDASARKAN PERSEPSI PENGGUNA (JENIS KELAMN DAN TINGKAT PENDIDIKAN SEBAGAI VARIABEL MODERASI)

SYADZA GHITHA ZAHIRAH

Informasi Dasar

18.04.2087
C
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Website PPDB Bandung merupakan satu cara yang dilakukan pemerintah Bandung untuk memfasilitasi penerimaan peserta didik baru agar berjalan secara objektif, akuntabel, transparan, dan tanpa diskriminasi sehingga mendorong peningkatan akses layanan pendidikan. Kesuksesan website PPDB Bandung sebagai sistem informasi dapat dievaluasi dengan menggunakan model kesuksesan sistem informasi oleh DeLone dan McLean 2003.

Peneliti melakukan pengukuran apakah kualitas informasi, kualitas layanan, dan kualitas sistem berpengaruh terhadap penggunaan dan kepuasan pengguna untuk mencapai manfaat yang didapat pengguna serta melibatkan jenis kelamin dan tingkat pendidikan sebagai variabel moderasi.

Pengumpulan data yang dibutuhkan pada penelitian ini dilakukan dengan menyebarkan kuesioner kepada 150 orang tua siswa baru jenjang SD dan SMP di Kota Bandung dengan menggunakan teknik purposive sampling. Teknik analisis yang digunakan ialah analisis deskriptif, analisis SEM-PLS, dan analisis regresi logistik.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas informasi dan kualitas sistem memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap penggunaan website PPDB Bandung. Kepuasan pengguna website PPDB Bandung dipengaruhi oleh kualitas informasi dan kualitas layanan yang disediakan website PPDB Bandung. Penggunaan dan kepuasan pengguna mempengaruhi manfaat yang dirasakan. Jenis kelamin menjadi pemoderasi pada hubungan kualitas sistem dan kualitas layanan terhadap penggunaan dan kepuasan pengguna. Tingkat pendidikan tidak menjadi pemoderasi dalam hubungan apapun.

Melalui penelitian ini diharapkan dapat menjadi referensi bagi Dinas Pendidikan kota Bandung untuk meningkatkan kualitas layanan agar dapat mempengaruhi penggunaan, serta kualitas sistem untuk menambah kenyamanan pengguna dalam mengakses website PPDB.

Kata kunci : Kesuksesan Sistem Informasi: DeLone dan McLean; Website PPDB Bandung

Subjek

Information management- management information systems
 

Katalog

EVALUASI WEBSITE PPDB BANDUNG BERDASARKAN PERSEPSI PENGGUNA (JENIS KELAMN DAN TINGKAT PENDIDIKAN SEBAGAI VARIABEL MODERASI)
 
 
 

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

SYADZA GHITHA ZAHIRAH
Perorangan
Gadang Ramantoko
 

Penerbit

Universitas Telkom
 
2018

Koleksi

Kompetensi

  • SM451024 - MANAGEMENT INFORMATION SYSTEM
  • SM321183 - SISTEM INFORMASI MANAJEMEN
  • SM742033 - SISTEM INFORMASI MANAJEMEN
  • EBH0D3 - SISTEM INFORMASI MANAJEMEN
  • EBI2F3 - SISTEM INFORMASI MANAJEMEN

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini