APLIKASI PENGELOLAAN JADWAL AGENDA TAMU DAN PENGOLAHAN DATA TAMU DISERTAI SMS GATEWAY (STUDI KASUS : DINAS LINGKUNGAN HIDUP JAWA BARAT)

ILHAM WAHYUDI

Informasi Dasar

18.06.402
C
Karya Ilmiah - TA (D3) - Reference

Dinas Lingkungan Hidup Provinsi Jawa Barat adalah pelaksana tugas Pemerintah Daerah dalam perumusan pelaksanaan kebijakan daerah di bidang pengelolaan lingkungan hidup yang mempunyai fungsi spesifik pada pengawasan dan pengendalaian lingkungan hidup. Pada saat ini, proses klasifikasi data tamu, cek jadwal pegawai bersagkutan, kelola jadwal pertemuan, dan pengolahan data tamu masih dilakukan secara manual, dimana resepsionis harus selalu mengelola data dan agenda pertemuan ke dalam buku tamu. Untuk pemberitahuan ke pegawai, resepsionis masih menggunakan pengeras suara atau papan tulis agenda, serta laporan jumlah tamu yang masih dihitung secara manual. Berdasarkan uraian diatas, maka penulis ingin mengembangkan aplikasi yang dapat mengelola dan mengklasifikasikan data tamu berdasarkan instansi, dapat mengecek jadwal pegawai bersangkutan, mengelola jadwal dan memberitahu jadwal pertemuan, serta menghitung jumlah tamu setiap bulan. Penulis menganalisa dan merancang infrastruktur aplikasi yang dibangun dengan metode waterfall, desain atau perancangan yang meliputi sistem permodelan menggunakan metode UML dan interface, bahasa pemograman menggunakan PHP dan MySQL sebagai pengelola database, gammu untuk menjembatani SMS Gateway, serta pengujian menggunakan black box testing. Dari penelitian ini menghasilkan Aplikasi Pengelolaan Jadwal Agenda Tamu dan Pengolahan Data Tamu disertai SMS Gateway Berbasis Web. Aplikasi ini dapat memfasilitasi resepsionis menginput data tamu serta mengklasifikasikan data tamu berdasarkan instansi, preview jadwal pegawai bersangkutan, dan mengelola jadwal pertemuan dari tanggal, waktu, ruangan, serta status pertemuan. Aplikasi ini juga memfasilitasi resepsionis memberitahu jadwal pertemuan menggunakan notif via SMS Gateway, serta dapat merekap jumlah tamu yang datang setiap bulan dengan fitur laporan menggunakan grafik batang. Dengan adanya aplikasi ini, dapat membantu resepsionis dalam melayani tamu dan mengelola jadwal pertemuan antara tamu dan pegawai secara efektif dan efisien. Kata kunci : Jadwal pertemuan, Aplikasi, metode waterfall, SMS Gateway

Subjek

Web/php - codeigniter
 

Katalog

APLIKASI PENGELOLAAN JADWAL AGENDA TAMU DAN PENGOLAHAN DATA TAMU DISERTAI SMS GATEWAY (STUDI KASUS : DINAS LINGKUNGAN HIDUP JAWA BARAT)
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

ILHAM WAHYUDI
Perorangan
WAHYU HIDAYAT, SISKA KOMALA SARI
 

Penerbit

Universitas Telkom, D3 Manajemen Informatika
Bandung
2018

Koleksi

Kompetensi

  • MI3104 - PROYEK AKHIR

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini