MEMBANGUN CALL CENTER MENGGUNAKAN VOIP SERVER BERBASIS ELASTIX DI PT. CHARISMA PERSADA NUSANTARA

HADIYAN NURDYANA

Informasi Dasar

18.06.298
C
Karya Ilmiah - TA (D3) - Reference

ABSTRAK

Call center merupakan fasilitas layanan panggilan telepon terpusat pada suatu perusahaan/organisasi dalam rangka memberikan layanan berbagai informasi, penerimaan pengaduan/komplain. Dalam lingkungan VoIP yang sering menjadi kendala adalah translasi alamat private ke publik dan dalam lingkungan jaringan konvergen adalah masalah ineroperabilitas antara telepon analog (panggilan dari lingkungan PSTN) ke jaringan VoIP.

Pada proyek akhir ini dirancang dan direalisasikan miniatur jaringan di lab yang merepresentasikan ketiga lingkungan jaringan yaitu jaringan IP private (LAN), jaringan IP public, dan jaringan PSTN dimana call center berada pada jaringan IP private (LAN) yang merepresentasikan suatu perusahaan dengan fasilitas call center dengan komponen utama berupa VoIP server menggunakan perangkat lunak Elastix.

Hasil pengujian secara fungsional dengan berbagai fitur yang dimilikinya sistem dapat berfungsi sebagaimana mestinya sesuai yang direncanakan. Dari hasil pengujian kinerja (performansi) yaitu QoS (packet loss, delay, jitter, throurhgput) dan PDD (Post Dial Delay) didapatkan perbandingan menggunakan server dengan membandingkan antara dua mode pengoperasian server yaitu local host dan hosting (VPS). Hasil perbandingan tersebut menunjukkan perbedaan yang tidak signifikan dimana keduanya menunjukkan packet loss dibawah 3% (sesuai standar ITU-T G.1010) delay kurang dari 150 ms (sesuai standar ITU-T G.114) serta jitter kurang dari 50 ms (sesuai standar ITU-T G.114).

Kata Kunci : Call Center, Elastix, VoIP, PSTN, Private IP, Public IP

Subjek

Voip
 

Katalog

MEMBANGUN CALL CENTER MENGGUNAKAN VOIP SERVER BERBASIS ELASTIX DI PT. CHARISMA PERSADA NUSANTARA
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

HADIYAN NURDYANA
Perorangan
ASEP MULYANA, HERU CRISTIAN DILLAK
 

Penerbit

Universitas Telkom, D3 Teknik Telekomunikasi
Bandung
2018

Koleksi

Kompetensi

  • DTH3B3 - JARINGAN TELEKOMUNIKASI BROADBAND
  • VTI2K3 - JARINGAN TELEKOMUNIKASI BROADBAND

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini