APLIKASI PERHITUNGAN RENCANA DAN REALISASI ANGGARAN, SERTA INFORMASI KEGIATAN OPERASIONAL MASJID BERBASIS WEB (STUDI KASUS DI DKM AL-MU’MIN, BANDUNG)

HARIS MAULANA RAHIM

Informasi Dasar

18.06.137
006.76
Karya Ilmiah - TA (D3) - Reference

Masjid Al-Mu’min adalah masjid yang beralamat di Griya Buah Batu Asri 1 RW 14 Desa Bojongsoang Kecamatan Bojongsoang. Anggaran dana kas masuk di masjid Al-Mu’min bersumber dari donasi rutin dan non rutin, serta shadaqah dan infaq jama’ah melalui media “kencleng” atau kotak amal baik yang bersifat rutin maupun non rutin. Selain itu, ada juga dana kas masuk yang diterima pada hari-hari tertentu dan digunakan untuk kegiatan ibadah tertentu. Salah satunya adalah kas masuk dari zakat fitrah di bulan Ramadhan, donasi untuk pembelian hewan qurban pada hari Idul Adha, dan donasi berupa wakaf perlengkapan ataupun peralatan masjid. Dalam bidang perhitungan informasi anggaran dan realisasi anggaran, pihak bendahara masjid menggunakan laporan dengan format tabel yang dibuat dengan MS Excel. Format pencatatan laporan realisasi anggaran masjid bersifat fleksibel karena dapat diubah dan disesuaikan dengan kebutuhan pihak penerima informasi. Atau dengan kata lain, tidak ada format pencatatan yang baku untuk pembuatan laporan anggaran dan laporan realisasi anggaran. Untuk meminimalisir resiko kehilangan dan memfasilitasi rekapitulasi data transaksi pemasukan dan pengeluaran masjid maka diperlukan sebuah aplikasi terkomputerisasi dan terintegrasi yang dapat melakukan perhitungan data anggaran operasional masjid dan perhitungan informasi operasional masjid agar pihak bendahara masjid tidak perlu melakukan rekapitulasi data transaksi kas masuk dan kas keluar masjid secara manual kedalam arsip folder, selain itu aplikasi ini mempermudah pihak pengurus DKM masjid dalam pembuatan Rancangan Anggaran Belanja (RAB) untuk pengajuan anggaran. Sehingga pihak bendahara tidak perlu membuatkan RAB untuk setiap seksi operasional yang akan mengajukan anggaran. Dalam tahap pengembangan aplikasi ini digunakan metode SDLC Prototype. SDLC Prototype digunakan untuk memberikan gambaran kepada pengguna perangkat lunak mengenai detail spesifikasi kebutuhan perangkat lunak yang diinginkan pengguna perangkat lunak kepada pengembang perangkat lunak. Aplikasi ini diimplementasikan menggunakan bahasa pemrograman PHP dan basis data MySQL. Adapun produk yang dihasilkan dalam proyek akhir ini adalah aplikasi yang mampu menghitung anggaran, menghitung realisasi anggaran, menampilkan transaksi yang ter-input kedalam format jurnal umum, buku besar, neraca saldo, laporan arus kas, dan laporan realisasi anggaran.

Kata Kunci : DKM Al-Mu’min, Anggaran, Pemasukan, Pengeluaran, PHP, Realisasi Anggaran

Subjek

WEB PROGRAMMING
 

Katalog

APLIKASI PERHITUNGAN RENCANA DAN REALISASI ANGGARAN, SERTA INFORMASI KEGIATAN OPERASIONAL MASJID BERBASIS WEB (STUDI KASUS DI DKM AL-MU’MIN, BANDUNG)
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

HARIS MAULANA RAHIM
Perorangan
ROCHMAWATI, MARWANTO RAHMAULLOH
 

Penerbit

Universitas Telkom, D3 Komputerisasi Akuntansi
Bandung
2018

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini