Analisis Positioning E-Commerce Fashion Muslim Berdasarkan Atribut Website (Studi Kasus pada Hijabenka, Hijup, Muslimarket dan Zoya)

KORDELYA

Informasi Dasar

18.04.1235
658.872
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Meningkatnya penggunaan internet di Indonesia, membuat kegiatan belanja online semakin mudah dilakukan. Dilihat dari hasil survei yang dilakukan oleh MARS Indonesia, produk yang paling sering dibeli secara online adalah produk pakaian. Menurut hasil riset yang dilakukan oleh JakPat, produk pakaian ini termasuk ke dalam kategori produk yang paling dicari oleh masyarakat selama bulan ramadhan. Indonesia dengan penduduk mayoritas muslim, memberikan peluang bagi e-commerce fashion muslim untuk berkembang. Beberapa e-commerce fashion muslim yang cukup populer yaitu Hijabenka, Hijup, Muslimarket dan Zoya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui positioning dari e-commerce fashion muslim Hijabenka, Hijup, Muslimarket dan Zoya. Adapun atribut yang digunakan dalam penelitian ini yaitu product information, customer service, privacy/security, navigation, dan comparison shopping. Metode pengumpulan data dilakukan dengan menyebarkan kuesioner secara online kepada 385 responden yang pernah menggunakan website keempat e-commerce fashion muslim dalam penelitian ini. Pengolahan data dilakukan menggunakan SPSS versi 24 dengan teknik analisis multidimensional scaling (MDS). Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan Hijabenka berada di peringkat pertama pada atribut product information, customer service, privacy/security, navigation, dan comparison shopping. Kemudian diikuti oleh Hijup di peringkat kedua, Zoya di peringkat ketiga dan Muslimarket di peringkat keempat. Adapun saran yang dapat diberikan untuk Hijabenka sebaiknya meningkatkan fasilitas untuk memeriksa kembali pesanan dan keamanan informasi yang diberikan pelanggan. Untuk Hijup sebaiknya meningkatkan kualitas warna pada foto produk, fasilitas pengembalian produk, keamanan kartu kredit dan mempercepat waktu pergantian halaman. Untuk Zoya sebaiknya menambah informasi terkini mengenai produk, menambah layanan penjualan, keamanan informasi dan menambah fitur-fitur dalam website. Untuk Muslimarket sebaiknya memberikan informasi produk lengkap dan konsisten, meningkatkan fasilitas untuk melacak status pesanan dan meningkatkan keamanan informasi kartu kredit.

Kata kunci: Positioning, MDS, e-commerce, website, fashion muslim.

Subjek

Marketing
 

Katalog

Analisis Positioning E-Commerce Fashion Muslim Berdasarkan Atribut Website (Studi Kasus pada Hijabenka, Hijup, Muslimarket dan Zoya)
 
 
 

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

KORDELYA
Perorangan
Maya Ariyanti
 

Penerbit

Universitas Telkom, Manajemen Bisnis Telekomunikasi dan Informatika
Bandung
2018

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini