ANALISIS PERBANDINGAN KINERJA KEUANGAN SEBELUM DAN SESUDAH MERGER DENGAN MENGGUNAKAN METODE ECONOMIC VALUE ADDED (EVA), MARKET VALUE ADDED (MVA) DAN FINANCIAL VALUE ADDED (FVA) (Studi Kasus Pada PT. XL Axiata Tbk.)

REMA RAKASIWI RUSMANA

Informasi Dasar

18.04.861
C
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Pertumbuhan dan perkembangan industri menuntut perusahaan tidak hanya untuk bertahan namun terus berkembang untuk meningkatkan kinerja dan daya saing. Corporate action merupakan salah satu langkah dalam meningkatkan kinerja perusahaan, salah satu bentuk corporate action adalah merger. Pengukuran kinerja keuangan diperlukan untuk mengetahui keberhasilan strategi merger. Alat ukur berbasis nilai tambah, yaitu Economic Value Added (EVA), Market Value Added (MVA), dan Financial Value Added (FVA) membuat perusahaan fokus pada penciptaan nilai untuk mensejahterakan pemegang saham. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan kinerja keuangan yang signifikan antara nilai EVA, MVA, dan FVA pada PT XL Axiata Tbk. sebelum dan setelah merger dengan PT AXIS Telekom Indonesia di tahun 2014. Penelitian ini dilakukan pada tahun 2012 triwulan I s.d. 2016 triwulan IV, dengan pengamatan dilakukan per triwulan. Metode analisis yang digunakan yaitu perhitungan kuantitatif EVA, MVA, dan FVA secara deskriptif, selanjutnya dilakukan uji hipotesis secara statistik dengan menggunakan paired sample t-test. Sebelumnya, dilakukan uji normalitas data menggunakan metode kolmogorov-smirnov test. Dari hasil penelitian, secara kuantitatif diperoleh nilai EVA dan FVA yang tidak berubah sedangkan terjadi penurunan nilai MVA setelah merger dilakukan. Hasil uji normalitas data menunjukkan EVA setelah merger tidak berdistribusi normal dan sisa sampel lain berdistribusi normal dengan hasil uji beda EVA dan FVA tidak terdapat perbedaan kinerja keuangan yang signifikan sementara MVA menunjukkan terdapat perbedaan. Kinerja keuangan XL pada periode sebelum dan setelah merger dilihat dari nilai EVA dan FVA menunjukkan tidak terdapat perbedaan yang signifikan dikarenakan nilai EVA dan FVA tidak mengalami peningkatan/penurunan yang signifikan setelah merger dilakukan. Sementara jika dilihat dari nilai MVA terdapat perbedaan kinerja keuangan yang signifikan dikarenakan nilai MVA mengalami penurunan yang signifikan setelah merger dilakukan. Kata kunci: Financial Performance, Merger, Economic Value Added, Market Value Added, Financial Value Added

Subjek

FINANCE AND ACCOUNTING
 

Katalog

ANALISIS PERBANDINGAN KINERJA KEUANGAN SEBELUM DAN SESUDAH MERGER DENGAN MENGGUNAKAN METODE ECONOMIC VALUE ADDED (EVA), MARKET VALUE ADDED (MVA) DAN FINANCIAL VALUE ADDED (FVA) (Studi Kasus Pada PT. XL Axiata Tbk.)
 
 
 

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

REMA RAKASIWI RUSMANA
Perorangan
Khairunnisa
 

Penerbit

Universitas Telkom, Akuntansi
Bandung
2018

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini