DAMPAK MARGER DAN AKUISISI TERHADAP KINERJA PERUSAHAAN (Studi Kasus pada Perusahaan yang Melakukan Merger dan Akuisisi dan Terdaftar di BEI pada Tahun 2013)

PRABA CITRA NUGRAHENI

Informasi Dasar

18.04.265
658.162
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Merger dan Akuisisi dilakukan oleh perusahaan dengan harapan mendatangkan sejumlah keuntungan. Kondisi saling menguntungkan akan terjadi bila kegiatan merger dan akuisisi tersebut memperoleh sinergi, sebagai akibat dari sinergi perusahaan diharapkan akan meningkatkan kinerja keuangan perusahaan. Semakin banyaknya perusahaan yang melakukan merger dan akuisisi, semakin banyak pula perusahaan yang beranggapan bahwa merger dan akuisisi dapat meningkatkan kinerja perusahaan khusus nya laba perusahaan, namun pada tahun 2013 yang merupakan tahun yang memiliki jumlah perusahaan melakukan merger dan akuisisi paling banyak di antara lima tahun terakhir pada penelitian ini, masih banyak perusahaan yang memiliki penurunan laba setelah dilakukan merger dan akuisisi. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis perbedaan kinerja keuangan perusahaan sebelum dan sesudah merger dan akuisisi pada perusahaan yang melakukan aktivitas merger dan akuisisi pada tahun 2013. Dengan melihat bagaimana dampak setelah dilakukannya merger dan akuisisi, apakah terdapat perbedaan atau tidak ada perbedaan di dalam kinerja perusahaan, dengan cara menganalisa dua tahun sebelum dilakukan merger dan akuisisi dan 2 tahun sesudah dilakukan merger dan akuisisi. Pada penelitian ini menggunakan sample 9 perusahaan yang telah dipilih dengan kriteria tertentu dari jumlah 69 perusahaan yang melakukan merger dan akuisisi pada ttahun 2013. Kinerja perusahaan diukur dengan menggunakan rasio keuangan: Gross Profit Margin (GPM), Net Profit Margin (NPM), Return on Investment (ROI), Return on Equity (ROE). Metode yang digunakan didalam penelitian ini adalah uji Wilcoxon Signed Rank Test. Hasil yang ditunjukan penelitian ini adalah secara keseluruhan tidak ada perbedaan yang signifikan antara sebelum dan sesudah dilakukannya merger dan akuisisi pada perusahaan yang melakukan merger dan akuisisi pada tahun 2013. Namun pada periode tertentu dan rasio keuangan tertentu terdapat perbedaan yang signifikan pada perusahaan yang melakukan merger dan akuisisi tahun 2013. Berdasarkan penelitian ini, diharapkan perusahaan lebih mempersiapkan segalanya apabila akan melakukan merger dan akuisisi agar tujuan dari dilakukannya merger dan akuisisi tercapai dengan baik.

Kata Kunci : Merger dan Akuisisi, Gross Profit Margin (GPM), Net Profit Margin (NPM), Return on Investment (ROI), Return on Equity (ROE)

Subjek

Finacial Management
 

Katalog

DAMPAK MARGER DAN AKUISISI TERHADAP KINERJA PERUSAHAAN (Studi Kasus pada Perusahaan yang Melakukan Merger dan Akuisisi dan Terdaftar di BEI pada Tahun 2013)
 
 
 

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

PRABA CITRA NUGRAHENI
Perorangan
Deannes Isynuwardhana
 

Penerbit

Universitas Telkom, Akuntansi
Bandung
2018

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini