Analisis Pengaruh Strategi Rebranding Terhadap Brand Image PT. Telkom Indonesia Tbk; Studi Pada Pelanggan Plasa Telkom Wilayah Bandung

NAHDIAH NUR MUSLIM

Informasi Dasar

17.04.3912
C
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

PT. Telekomunikasi Indonesia, Tbk merupakan Badan Usaha Milik Negara dan penyedia layanan telekomunikasi dan jaringan terbesar di Indonesia. Visi dari Telkom Indonesia adalah menjadi Perusahaan yang unggul dalam penyelenggaraan TIMES (Telecommunication, Information, Media, Edutaiment,dan Service) di kawasan regional. Pada pertengahan tahun 2013 Telkom Indonesia melakukan rebranding untuk memperkuat tujuan nasionalisme dan ekspansi internasional dari Telkom Indonesia. Penelitian ini dilakukan pada pelanggan Plasa Telkom di wilayah Kota Bandung.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui rebranding yang telah dilakukan Telkom Indonesia di Plasa Telkom, brand image pelanggan terhadap Telkom Indonesia di Plasa Telkom dan pengaruh dari rebranding yang telah dilakukan terhadap brand image Telkom Indonesia di Plasa Telkom wilayah Kota Bandung.

Penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif. Metode penelitian yang dilakukan adalah metode kausal yaitu merupakan penelitian yang dilakukan untuk mengidentifikasi hubungan sebab akibat antar variabel. Penelitian menggunakan variabel bebas (X) yaitu rebranding dan variabel terikat (Y) adalah brand image. Sub variabel untuk rebranding adalah repositioning, renaming, redesigning, dan relaunching. Sedangkan untuk sub variabel dari brand image adalah strength, favorability, dan uniqueness. Penelitan ini menyebarkan kuisioner kepada 100 orang responden dengan menggunakan teknik sampling Bernoulli. Skala pengukuran dari penelitian ini menggunakan skala ordinal Likert. Untuk mengetahui pengaruh antar variabel digunakan analisis regresi linear sederhana.

Hasil penelitian ini menunjukkan rebranding berada pada kategori baik dan untuk brand image berada pada kategori kuat. Penelitian ini juga menunjukkan hasil bahwa rebranding berpengaruh secara signifikan terhadap brand image dari Telkom Indonesia.

Berdasarkan hasil dari penelitian, penulis menyarankan agar perusahaan dapat mengelola repositioning, renaming, redesigning, dan relaunching untuk perubahan-perubahan yang selanjutnya akan dilakukan oleh Telkom Indonesia di seluruh wilayah Indonesia. Dengan perbaikan-perbaikan tersebut maka brand image Telkom Indonesia akan semakin kuat di mata pelanggannya.

Kata Kunci: Rebranding, Brand Image, Telkom Indonesia

Subjek

STRATEGY-BUSINESS
 

Katalog

Analisis Pengaruh Strategi Rebranding Terhadap Brand Image PT. Telkom Indonesia Tbk; Studi Pada Pelanggan Plasa Telkom Wilayah Bandung
 
 
INDONESIA

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

NAHDIAH NUR MUSLIM
Perorangan
DJOKO WAHJUADI
 

Penerbit

Universitas Telkom
BANDUNG
2017

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini