ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL TUMBLR (Studi Kasus Pada Komunitas Tumblr Indonesia Regional Jakarta)

BIJAK RAMADHANI SOEPARMONO

Informasi Dasar

17.04.3701
C
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

ABSTRAK

Di era globalisasi saat ini, media sosial merupakan sarana komunikasi dan media informasi baru, hampir semua aplikasi media sosial yang disediakan oleh perusahaan mempunyai fungsi yang sama, salah satunya adalah Tumblr. Saat ini Tumblr sangat begitu popular dikalangan para pengguna media sosial. Melalui Tumblr, pengguna media sosial menjadikan suatu media untuk bersosialisasi diri serta dapat menjadikan sebagai sarana dalam mengeksiskan diri. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor-faktor yang menjadi bahan pertimbangan pengguna media sosial dalam memilih dan menggunakan aplikasi media sosial Tumblr, mengetahui tingkat dari masing-masing faktor dimata pengguna media sosial dalam memilih aplikasi media sosial. Metode penelitian ini adalah menggunakan kuesioner kepada 100 responden pengguna media sosial Tumblr yang mem-follow akun Twitter pada Komunitas Tumblr Indonesia yaitu @tumblrindo. Data yang diperoleh tersebut selanjutnya dianalisis dengan menggunakan teknik analisis faktor kemudian dilanjutkan dengan matriks korelasi, ekstraksi faktor, menentukan jumlah faktor, dan rotasi faktor. Hasil penelitian menunjukan bahwa faktor-faktor yang menjadi alasan responden dalam mengakses media sosial Tumblr adalah quote. Quote merupakan faktor yang terbentuk paling besar karena melalui pengguna media sosial bisa memperoleh informasi yang perlu dan ingin mereka ketahui seputar Tumblr. Kesimpulan yang dihasilkan dari penelitian ini adalah, Tumblr merupakan media sosial yang kehadirannya sebagai wadah yang bisa untuk saling berbagi informasi ke sesama satu minat. Saran untuk perusahaan penyedia media sosial Tumblr yaitu dapat memberikan atau menyediakan fitur-fitur yang lebih unik dari media sosial lainya supaya pengguna media sosial lebih tertarik lagi pada media sosial Tumblr.

Keyword: Analisis Faktor, Media Sosial

Subjek

MEDIA-SOCIAL ASPECTS
 

Katalog

ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL TUMBLR (Studi Kasus Pada Komunitas Tumblr Indonesia Regional Jakarta)
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

BIJAK RAMADHANI SOEPARMONO
Perorangan
 
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2017

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini