ANALISIS SEMIOTIKA MAKNA TEMAN MURNI DALAM IKLAN BEAR BRAND VERSI "TEMAN MURNI" (Analisis Semiotika Roland Barthes Dalam Iklan Bear Brand Versi “Teman Murni”)

JAYA RIFANSYAH

Informasi Dasar

17.04.2802
C
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Sejak pertama kali diciptakan, manusia memang sebagai makhluk sosial. Wajar bila seorang teman sangatlah berarti dalam kehidupan kita. Bahkan sejak dahulu kala manusia dikatakan makhluk sosial yaitu makhluk yang dalam hidupnya tidak bisa hidup sendiri atau tidak bisa lepas dari pengaruh manusia lain. Manusia sendiri dikatakan makhluk sosial, juga karena pada dasarnya didalam diri manusia ada dorongan untuk berhubungan (interaksi) dengan orang lain. Hal inilah yang membuat nilai sosial pertemanan sangat sering kita jumpai dikehidupan kita. Pertemanan atau persahabatan saat ini sedang hangat menjadi tema dibeberapa film maupun iklan, tidak hanya itu, pertemanan atau persahabatan kini diangkat menjadi tema dibeberapa promosi perusahaan. Salah satunya adalah iklan Bear Brand dengan tema “Teman Murni”, menceritakan seorang keluarga yang bangkrut, tetapi berkat dukungan keluarga dan sang istri yang dalam iklan ini adalah teman sejati memberikan semangat untuk bangkit lagi. Penelitian bertujuan untuk mengetahui bagaimana makna “Teman Murni” yang ada pada iklan Bear Brand. Penelitian ini menggunakan kualitatif deskriptif dengan paradigma kritis dan menggunakan analisis semiotika Roland Barthes. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa iklan Bear Brand memiliki empat unsur teman murni, yaitu unsur dyadic, unsur perhatian dan kepedulian, unsur sukarela dan unsur egalitarian. Kata Kunci: Kualitatif, Iklan, Semiotika

Subjek

MEDIA STUDY
 

Katalog

ANALISIS SEMIOTIKA MAKNA TEMAN MURNI DALAM IKLAN BEAR BRAND VERSI "TEMAN MURNI" (Analisis Semiotika Roland Barthes Dalam Iklan Bear Brand Versi “Teman Murni”)
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

JAYA RIFANSYAH
Perorangan
FREDDY YUSANTO
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2017

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini