Aplikasi Pencatatan dan Pengendalian Piutang dengan Mempertimbangkan Volume dan Periode (Studi Kasus di PT Bahtera Indoamplas Gemilang, Serang Banten)

Nindy Elsera Renata

Informasi Dasar

17.06.593
C
Karya Ilmiah - TA (D3) - Reference

Perusahaan manufaktur pada umumnya melakukan penjualan secara tunai dan kredit. Berdasarkan hasil penelitian pada tempat studi kasus, sebanyak 40% pelanggan seringkali menunda pembayaran dan disetujui oleh perusahaan karena sudah menjadi pelanggan tetap dan jarangnya melakukan monitoring piutang. Hal yang ditimbulkan yakni pembayaran piutang seringkali terhambat karena harus melakukan pengecekan akurasi data penagihan piutang. Aplikasi berbasis web ini dibangun dengan mempertimbangkan volume dan periode penjualan serta dibangun menggunakan bahasa pemrograman PHP dan framework CI untuk menanggulangi permasalahan yang terjadi pada perusahan. Fungsionalitas yang dimiliki antara lain melakukan pencatatan penjualan dan pembayaran dengan mempertimbangkan volume dan periode, menangani pengendalian piutang dan perlakuan atas piutang tak tertagih, serta penyajian laporan kepada pihak manajemen terkait kegiatan penjualan dan piutang. Berdasarkan pengujian black box dan hasil perbandingan dengan perhitungan manual yang telah dilakukan sebelumnya, dapat disimpulkan bahwa aplikasi dinyatakan lolos uji. Sesuai dengan hasil implementasi yang dilakukan pada perusahaan, maka aplikasi berhasil membantu melakukan pengelolaan master data, mengelola penjualan berdasarkan volume dan periode, menangani penentuan volume dan periode piutang, pengendalian piutang berdasarkan volume dan periode, serta menjikan hasil pencatatan akuntansi dan laporan sehingga perusahaan dapat meminimalisasi jumlah piutang tak tertagih. Kata kunci : Piutang, Pencatatan, Pengendalian, Aplikasi Berbasis Web, Framework CI

Subjek

ACCOUNTING INFORMATION SYSTEMS
 

Katalog

Aplikasi Pencatatan dan Pengendalian Piutang dengan Mempertimbangkan Volume dan Periode (Studi Kasus di PT Bahtera Indoamplas Gemilang, Serang Banten)
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

Nindy Elsera Renata
Perorangan
Asti Widayanti, Magdalena Karismariyanti
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2017

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini