ANALISIS PREFERENSI KONSUMEN DALAM PENGGUNAAN ONLINE BOOKING TIKET PESAWAT (STUDI PADA KONSUMEN TRAVELOKA.COM, TIKET.COM DAN UTIKET.COM)

MAULANA INDRA KHARISMA

Informasi Dasar

17.04.2783
C
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Seiring dengan berjalannya waktu, bisnis Tour & Travel di Indonesia semakin marak dan ketat. Sehingga mengharuskan pelaku bisnis tersebut untuk terus berinovasi. Berkembangnya teknologi juga menjadi salah satu factor untuk menuntut pelaku bisnis tersebut untuk tetap bergerak maju. Salah satu contoh perubahan teknologi adalah, peralihan dari media tradisional menuju media digital. Sama halnya dalam industri ini yang saat ini mulai menggunakan media internet untuk menjalankan bisnisnya. Para pelaku bisnis Tour & Travel seperti Traveloka.com, Tiket.com dan Utiket.com melihat celah untuk membuat sebuah aplikasi online booking tiket pesawat. Jika sudah begitu, maka para pelaku bisnsis harus berlomba untuk menarik hati masyarakat. Maka dari itu, perlu diketahui apa saja hal-hal yang dibutuhkan oleh pengguna online booking tiket pesawat yang sesuai dengan keinginan masyarakat dari segi mobile service quality aplikasi online booking tiket pesawat tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui preferensi konsumen dalam penggunaan online booking tiket pesawat dengan menggunakan teknik analisis konjoin. Variabel-variabel yang digunakan dalam Analisi Konjoin disebut atribut dan sub-atributnya disebut level. Di dalam penelitian ini terdapat lima atribut yaitu Satisfaction, Availability, Perceived Risk, Easy to Use dan Compatibility of Mobile Device. Masing-masing atribut terdapat dua dan lebih dari dua sub-atribut. Sampel dilakukan menggunakan teknik Purposive Sampling dengan responden yang telah mengisi kuesioner sebanyak 400 responden yang berasal dari seluruh Indonesia. Responden yang mengisi kuesioner adalah responden yang mengetahui atau yang pernah menggunakan aplikasi online booking tiket pesawat (Traveloka.com, Tiket.com dan Utiket.com). Untuk Analisis Konjon menggunakan full profile dan metode rating. Hasil dari analisis preferensi konsumen menghasilkan atribut Availability adalah atribut yang dianggap penting (nilai = 37,858%). Dan kombinasi terbaik yang diinginkan responden adalah Saya dapat dengan mudah merekomendasikan layanan mobile, Saya dapat menggunakan layanan mobile dimanapun, Saya yakin bahwa informasi pribadi saya akan terjaga, Menu dari layanan jelas klasifikasinya, dan Penampilan dan penggunaan perangkat baik. Maka dari itu berdasarkan hasil penelitian ini, Traveloka.com, Tiket.com dan Utiket.com dapat mempertimbangkan kombinasi preferensi yang telah dipaparkan diatas dan juga harus berfokus pada tiga atribut teratas yaitu Availability, Easy to Use, dan Compatibility of Mobile Device agar dapat dipertimbangkan dan ditingkatkan kualitasnya agar mampu menarik konsumen labih banyak lagi.

Kata Kunci: Preferensi, Online Booking Tiket Pesawat, Kualitas Layanan Mobile, Analisis Konjoin

Subjek

PREFERENCE
 

Katalog

ANALISIS PREFERENSI KONSUMEN DALAM PENGGUNAAN ONLINE BOOKING TIKET PESAWAT (STUDI PADA KONSUMEN TRAVELOKA.COM, TIKET.COM DAN UTIKET.COM)
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

MAULANA INDRA KHARISMA
Perorangan
ADHI PRASETIO
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2017

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini