PEMBANGUNAN BUSINESS INTELLIGENCE BERBASIS ERP DATA WAREHOUSE MENGGUNAKAN PENTAHO DENGAN METODOLOGI BUSINESS DIMENSIONAL LIFECYCLE (Studi kasus: Dashboard dan Data Mining Modul Inventory Management pada CV. Kembar Mekar)

WANDIATAMA WIJAYA RAHMAN

Informasi Dasar

17.04.2501
C
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Informasi sudah menjadi suatu aset yang berharga bagi setiap pelaku bisnis tidak terkecuali perusahaan yang bergerak di bidang industri pakan ternak. CV. Kembar Mekar sebagai salah satu perusahaan yang bergerak di bidang pakan ternak, namun perusahaan tersebut masih belum memiliki sistem yang dapat mengolah hasil analisis data yang banyak terkait inventory management. Oleh karena itu inventory management perlu di monitor untuk mengetahui perkembangannya. Maka dari itu dibutuhkan sistem business intelligence berupa dashboard untuk memonitor kinerja inventory management pada perusahaan dan proses data mining untuk melakukan penggalian informasi lebih lanjut pada informasi yang sudah didapat. Dengan melihat data stok dan pemesanan dapat disimpulkan apakah perusahaan sudah memiliki nilai inventory management yang baik sehingga perusahaan dapat mengambil keputusan terkait tren yang ada pada aktivitas inventory. Business dimensional life cycle merupakan pendekatan yang mengintegrasikan pengembangan dari tiga sudut pandang, yaitu teknologi, data, dan aplikasi. Selain itu business dimensional life cycle juga mengidentifikasi kebutuhan bisnis untuk memastikan pengembang memahami apa yang dibutuhkan user. Dengan dikembangkannya business intelligence berbasis data warehouse menggunakan pentaho dan data mining menggunakan weka, diharapkan CV. Kembar Mekar dapat memonitor kinerja inventory management sehingga top level management dapat mengambil keputusan agar dapat meningkatkan performa gudang.

Kata Kunci: business intelligence, data warehouse, business dimensional life cycle, data mining, Pentaho, CV. Kembar Mekar.

Subjek

ENTERPRISE RESOURCE PLANNING
 

Katalog

PEMBANGUNAN BUSINESS INTELLIGENCE BERBASIS ERP DATA WAREHOUSE MENGGUNAKAN PENTAHO DENGAN METODOLOGI BUSINESS DIMENSIONAL LIFECYCLE (Studi kasus: Dashboard dan Data Mining Modul Inventory Management pada CV. Kembar Mekar)
 
 
INDONESIA

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

WANDIATAMA WIJAYA RAHMAN
Perorangan
ARI YANUAR RIDWAN, RACHMADITA ANDRESWARI
INDONESIA

Penerbit

Universitas Telkom
BANDUNG
2017

Koleksi

Kompetensi

  • ISG4C4 - TUGAS AKHIR
  • ISH4M3 - DATA WAREHOUSE DAN INTELIJEN BISNIS
  • ISH4N3 - PENGGALIAN DATA DAN ANALITIKA BISNIS
  • ISH4T3 - ADOPSI ERP DAN MANAJEMEN PERUBAHAN
  • IEH3N2 - PRAKTIKUM PERANCANGAN BISNIS DAN FASILITAS INDUSTRI
  • IEH4G2 - PERANCANGAN PROSES BISNIS
  • IEH4CC3 - PERANCANGAN PROSES BISNIS LANJUT
  • IEH4EF3 - SISTEM BISNIS RETAIL
  • IEH4GB5 - PENGEMBANGAN INISIATIF BISNIS
  • IEI5F3 - PERANCANGAN PROSES BISNIS
  • IEI443 - PENGEMBANGAN INISIATIF BISNIS

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini