Biaya Utang: Entrenchment dan Alignment (Studi pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2012-2016)

Abdul Kadir Niswar Nurlette

Informasi Dasar

17.04.2320
C
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Biaya utang (Cost Of Debt) adalah tingkat pengembalian atau selisih keuntungan dari jumlah pinjaman dan jumlah pengembalian yang diinginkan kreditur saat memberikan pendanaan kepada perusahaan (debitur). Besarnya biaya utang ditentukan melalui risiko yang dimiliki perusahaan yang salah satunya adalah asimetri informasi. Terdapat beberapa faktor yang menyebabkan asimetri dan mempengaruhi besaran biaya utang, yaitu diantaranya efek entrenchment dan efek alignment. Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh entrenchment dan efek alignment terhadap biaya utang perusahaan manufaktur baik secara simultan maupun parsial. Penelitian ini dilakukan pada perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2012-2016 dengan jumlah sample penelitian adalah 8 perusahaan yang dipilih dengan metode purposive sampling. Periode pengamatan adalah 5 tahun dengan menggunakan software SPSS 22 dengan model analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan, bahwa variabel independen entrenchment dan efek alignment berpengaruh signifikan terhadap variabel dependen yaitu biaya utang secara simultan. Begitu pula secara parsial, variabel independen entrenchment berpengaruh signifikan positif terhadap biaya utang. Sedangkan entrenchment berpengaruh signifikan negatif terhadap biaya utang.

Kata kunci: entrenchment; alignment; biaya utang.

Subjek

ACCOUNTING
 

Katalog

Biaya Utang: Entrenchment dan Alignment (Studi pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2012-2016)
 
 
 

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

Abdul Kadir Niswar Nurlette
Perorangan
Majidah, Eddy Budiono
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2017

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini