DETEKSI PLAGIARISME PADA MATA KULIAH PEMROGRAMAN BERORIENTASI OBJEK

JEFRY KURNIAWAN

Informasi Dasar

17.06.405
C
Karya Ilmiah - TA (D3) - Reference

Plagiarisme merupakan tindakan penipuan hasil karya orang lain tanpa sepengetahuan dari penulis aslinya. Pada perkuliah Pemrograman Berorientasi Objek (PBO) beberapa kali ditemukan mahasiswa yang melakukan plagiarisme, terutama saat pelaksanaan assessment dan tugas. Akibatnya kemampuan mahasiswa dalam memahami PBO tidak tercapai.

Oleh karena itu, diusulkan solusi dengan Proyek Akhir ini untuk mempermudah pemeriksaan plagiat terhadap Assessment dan tugas mahasiswa dengan menggunakan Aplikasi Deteksi Plagiarisme yang memiliki 2 fitur utama yaitu pengecekkan plagiarisme dan penilaian kode program. Selain dapat memeriksa kesamaan kode program dan menilai kode program aplikasi ini juga dapat menyimpan hasil dari pemeriksaan kode program lalu menampilkannya kembali. Aplikasi ini dibuat dengan menggunakan metode prototipe dan bahasa pemrograman Java.

Dari hasil pengujian white box aplikasi ini sudah dapat melakukan deteksi kemiripan kode program. Namun, masih memiliki kekuranganan yaitu keterbatasan file yang dimasukkan yang masih berjumlah 2 file saja. Lalu untuk fitur penilaian kode program juga sudah berhasil mengidentifikasi bagian-bagian kode program seperti nama kelas, variabel, prosedur dan fungsi. Namun, fitur ini juga masih memiliki kekurangan yaitu tidak bisa mendeteksi jika ada 2 variabel dalam 1 baris dan hanya bisa mendeteksi variabel-variabel primitif.

Kata Kunci: plagiarisme, PBO, assessment, tugas, mahasiswa, prototipe, white box

Subjek

PLAGIARISM
 

Katalog

DETEKSI PLAGIARISME PADA MATA KULIAH PEMROGRAMAN BERORIENTASI OBJEK
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

JEFRY KURNIAWAN
Perorangan
SARI DEWI BUDIWATI, DAHLIAR ANANDA
 

Penerbit

Universitas Telkom, D3 Manajemen Informatika
Bandung
2017

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini