Analisis Positioning Situs Reservasi Tiket Online Berdasarkan Persepsi Konsumen (Studi pada situs Traveloka, Tiket, TIket2, Pegipegi, dan Nusatrip)

AGAZI SASMITA SURYADINATA

Informasi Dasar

17.04.1517
658.834 3
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Bergesernya cara reservasi tiket melalui situs reservasi tiket online, memberikan kemudahan bagi wisatawan atau calon wisatawan dalam memperoleh lebih banyak pilihan informasi produk pariwisata. Terkait hal tersebut, situs reservasi tiket online terbaik seperti, Tiket, Traveloka, Pegipegi, tiket2, dan Nusa trip saling bersaing untuk memberikan layanan terbaik bagi para penggunanya. Melihat situasi dan kondisi tersebut, persaingan perusahaan online travel agent melalui situs reservasi tiket online saat ini sangatlah kompetitif dengan adanya persaingan tersebut maka penelitian positioning produk dianggap penting untuk mengetahui seperti apa preferensi yang mempengaruhi pengguna dalam memilih situs reservasi tiket online. Melalui penelitian ini, akan dilakukan pemetaan positioning situs reservasi tiket online terhadap atribut web design, personalization, trust, reliability, responsiveness, website functionality, information quality, courtesy, dan security berdasarkan persepsi konsumen di Indonesia. Metode pengumpulan data dilakukan dengan menyebarkan kuesioner kepada 385 responden yang pernah menggunakan situs Traveloka, Tiket, Tiket2, Pegipegi, dan Nusatrip. Pengolahan data pada penelitian ini menggunakan software SPSS dengan teknik analisis menggunakan multidimensional scaling. Hasil penelitian menunjukan bahwa situs Traveloka unggul pada setiap atribut yang digunakan dengan menempati peringkat pertama, kemudian pada peringkat kedua ditempati oleh situs Tiket, peringkat ketiga ditempati oleh situs Pegipegi, peringkat keempat ditempati oleh situs Nusatrip, dan pada peringkat kelima ditempati oleh situs Tiket2. Saran yang dapat diberikan kepada situs Traveloka adalah agar dapat mempertahankan keunggulannya secara konsisten pada setiap atribut yang digunakan dalam penelitian ini, kepada situs reservasi tiket online lain agar meningkatkan kualitas pelayanan pada atribut website functionality, website design, reliability, responsiveness, trust dan information quality mengingat bahwa atribut website functionality dan information quality merupakan faktor yang paling penting dalam mengevaluasi pelayanan e-travel dan atribut website design, reliability, responsiveness, dan trust merupakan atribut yang dapat mempengaruhi kualitas pelayanan dan mempengaruhi kepuasan pelanggan dalam layanan elektronik.

Subjek

CUSTOMER PREFERENCE
 

Katalog

Analisis Positioning Situs Reservasi Tiket Online Berdasarkan Persepsi Konsumen (Studi pada situs Traveloka, Tiket, TIket2, Pegipegi, dan Nusatrip)
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

AGAZI SASMITA SURYADINATA
Perorangan
MAYA ARIYANTI, SUMRAHADI
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Manajemen (manajemen Bisnis Telekomunikasi & Informatika)
Bandung
2017

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini