Analisis Faktor-faktor Yang Mempengaruhi Disiplin Kerja Karyawan PT.Pupuk Kujang Cikampek (Studi Pada Karyawan Kompartemen SDM PT.Pupuk Kujang Cikampek)

Anggita Dea Lestari

Informasi Dasar

17.04.1276
658
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

ABSTRAK

Penelitian ini difokuskan untuk melihat faktor apa yang paling mempengaruhi disiplin kerja karyawan kompartemen SDM PT.Pupuk Kujang Cikampek. Kedisiplinan merupakan salah satu fungsi operasional  dari sebuah perusahaan yang terpenting. Semakin baik disiplin karyawan pada sebuah perusahaan, maka akan semakin tinggi prestasi kerja yang dapat dicapai. Sebaliknya, tanpa disiplin karyawan yang baik, maka akan sulit bagi sebuah perusahaan untuk dapat  mencapai hasil yang optimal.
Singodimedjo (dalam Sutrisno, 2010:86), mengatakan bahwa disiplin adalah sikap kesediaan dan kerelaan seseorang untuk mematuhi dan mentaati norma-norma peraturan yang berlaku di sekitarnya. Guna mewujudkan tujuan perusahaan, yang pertama harus dibangun dan ditegakkan di perusahaan adalah kedisiplinan karyawannya. Jadi, kedisiplinan merupakan kunci keberhasilan suatu perusahaan dalam mencapai tujuannya.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis faktor dan jenis penelitiannya menggunakan metode kuantitatif. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan penyebaran kuisioner kepada karyawan kompartemen SDM PT.Pupuk Kujang Cikampek. Jumlah responden yang diambil dalam penelitian ini sebanyak 60 responden, dengan menggunakan teknik non probability sampling.
Menurut hasil pengolahan data menggunakan teknik analisis faktor, maka didapat bahwa faktor yang paling dominan mempengaruhi disiplin kerja karyawan kompartemen SDM PT.Pupuk Kujang adalah faktor kepemimpinan. Faktor ini merupakan faktor yang paling dominan mempengaruhi karena memiliki nilai varians yang terbesar yaitu 65,818%. Kemudian diikuti oleh faktor yang memiliki nilai varians terbesar kedua yaitu faktor kebiasaan positif dalam berdisiplin sebesar 16,558%.  

Kata Kunci: Analisis Faktor, Disiplin Kerja

Subjek

PERSONNEL MANAGEMENT
 

Katalog

Analisis Faktor-faktor Yang Mempengaruhi Disiplin Kerja Karyawan PT.Pupuk Kujang Cikampek (Studi Pada Karyawan Kompartemen SDM PT.Pupuk Kujang Cikampek)
 
 
 

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

Anggita Dea Lestari
Perorangan
MAHENDRA FAKHRI
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2017

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini