PENERAPAN OPENERP MODUL WAREHOUSE MANAGEMENT PADA WAROENK LAUNDRY DENGAN METODE SPIRAL

MUHAMAD ARI SADEWO

Informasi Dasar

116101104
650.028 5
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

ERP (Enterprise Resource Planning) merupakan sebuah konsep integrasi data, informasi, dan proses bisnis yang mengatur sumber daya internal dan eksternal dari sebuah perusahaan. Konsep ERP banyak diimplementasikan ke dalam sebuah perangkat lunak yang digunakan untuk mempermudah integrasi data, salah satu perangkat lunak yang sukses diimplementasi yaitu OpenERP. OpenERP merupakan sebuah perangkat lunak yang bersifat open source yang dapat memperudahkan setiap orang untuk mengembangakan perangkat lunak tersebut tanpa menggunakan lisensi. Hal tersebut yang menjadi landasan penelitian untuk melakukan penyesuaian OpenERP. Pada penelitian kali ini, modul dalam OpenERP yang digunakan yaitu warehouse management. Modul ini befungsi untuk menngatur persediaan barang di dalam gudang, mulai dari proses pengaturan, penerimaan, pengiriman, pengembalian, perencanaan pengadaan barang, dan lainnya.

Penerapan OpenERP modul warehouse management pada gudang Waroenk Laundry menggunakan metode spiral. Wareonk laundry merupakan salah satu UMKM (Usaha Kecil Menengah) dan usaha berbasiskan waralaba yang bergerak dibidang jasa pencucian pakaian. Sebagai usaha yang semakin berkembang, pengaturan di dalam sebuah gudang menjadi kurang terkontrol. Banyak data yang tidak terdokumentasi dengan baik. Terdapat kesalahan pencatatan barang yang mengakibatkan ketidaksesuaian barang di gudang dengan yang ada pada catatan.

Konsep ERP pada warehouse management berbasis OpenERP dapat membantu setiap proses bisnis yang ada di dalam gudang sesuai dengan kebutuhan, seperti pendokumentasian barang dan transaki. Selain dari itu dapat mengatasi masalah penerimaan, pengiriman, pengadaan, pengembalian barang, dan lainnya. ERP, OpenERP, Warehouse Management, Spiral

Subjek

COMPUTER APPLICATION FOR BUSINESS
 

Katalog

PENERAPAN OPENERP MODUL WAREHOUSE MANAGEMENT PADA WAROENK LAUNDRY DENGAN METODE SPIRAL
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

MUHAMAD ARI SADEWO
Perorangan
R. Wahyu Wicaksono, ST., MM ; Nia Ambarsari, S.Si., MT
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2014

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini