Membangun aplikasi mobile crowdsourcing sewa kendaraan bermotor berbasis android dengan metode agile development extreme programming

Muhammad Fajri

Informasi Dasar

116100035
005.2
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Pada saat ini semakin banyak bermunculan perusahaan penyewaan kendaraan bermotor. Namun, sebagian besar perusahaan penye waan kendaraan tersebut masih menggunakan metode tradisional ( offline ) dalam hal pemesanan dan penawaran kendaraan kepada customer, yaitu melalui telepon, sms atau customer langsung mendatangi lok asi tempat penyewaan tersebut. H al ini tentu kurang efektif dan akan memakan banyak waktu. Kesulitan customer akan bertambah ketika tidak memiliki informasi tentang penyewaan kendaraan tersebut. C ustomer harus bertanya dari satu tempat ke tempat lainnya untuk mendapatkan informasi. Di sisi lain, penyedia jasa penyewaan kendaraan terkadang merasa kesulitan dalam mempromosikan kendaraan yang dimiliki, mengatur jadwal servis kendaraan, serta mendokumentasikan laporan pendapatan dan pengeluaran perusahaan.
Untuk mengatasi masalah – masalah tersebut, dibangun aplikasi mobile yang dapat memudahkan penyedia jasa dan penyewa kendaraan dalam melakukan aktifitas penyewaan kendaraan dan mendapatkan informasi mengenai perusahaan penyewaan kendaraan. Aplikasi mobile ini menerapkan konsep crowdsourcing yang merupakan pe ngembangan dari konsep outsourcing dimana konten atau isi dari aplikasi ini bersumber dari crowd (orang banyak). Dengan penerapan konsep crow d sourcing , penyedia jasa penyewaan kendaraan dapat me m promosikan perusahaan penyewaan kendaraan yang dimiliki, dari sisi penyewa kendaraan, aplikasi ini dapat memudahkan dalam hal mendapatkan informasi tentang penyewaan kendaraan.
Perancangan atau pengembangan aplikasi mobile ini menggunakan metode agile development extreme programming . Pada metode tersebut terdapat 4 tahapan atau fase yaitu exploration, planning, iteration to release dan productionizing . Aplikasi mobile ini dibangun menggunakan bahasa pemograman Java dengan platform android.
Hasil dari penelitian ini adalah aplikasi mobile crowdsourcing sewa kendaraan bermotor, dimana aplikasi ini dapat membantu penyedia jasa kendaraan dalam mempromosikan kendaraan yang dimiliki, mengingat jadwal servis berkala (notifikasi) kendaraan, serta membantu dalam melihat laporan keuangan berupa pendapatan dan pengeluaran perusahaan. Sedangkan untuk penyewa kendaraan, aplikasi ini dapat membantu penyewa dalam hal mendapatkan informasi mengenai penyewaan kendaraan dan mengetahui ketersediaan kendaraan tanpa harus mendatangi tempat penyewaan kendaraan teresebut. Crowdsourcing, Aplikasi mobile, sewa kendaraaan.

Subjek

ANDROID
 

Katalog

Membangun aplikasi mobile crowdsourcing sewa kendaraan bermotor berbasis android dengan metode agile development extreme programming
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

Muhammad Fajri
Perorangan
Andika Bayu ST., MT; Taufik Nur Adi S.Kom., MT
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2014

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini