PENERAPAN BUSINESS INTELLIGENCE PADA APLIKASI DASHBOARD MONITORING KINERJA SUMBER DAYA MANUSIA BERDASARKAN STANDAR 4 BAN-PT PROGRAM STUDI SARJANA MENGGUNAKAN METODE SCRUM (STUDI KASUS: PROGRAM STUDI S1 SISTEM INFORMASI UNIVERSITAS TELKOM)

FEMI YUMNA ANJANI

Informasi Dasar

116100013
650.028 5
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Jurusan Sistem Informasi merupakan salah satu Program Studi yang terdapat di Fakultas Teknik Universitas Telkom, untuk menjalankan fungsi pengelolaan Sumber Daya Manusia (SDM) yang ada di dalamnya, jurusan Sistem Informasi dikelola oleh Ketua Program Studi yang bertugas untuk memantau performansi Sumber Daya Manusia Sistem Informasi IT Telkom, yaitu dosen, tenaga ahli/pakar, dan tenaga kependidikan. Adapun pemantauan ini dilakukan agar Ketua Program Studi dapat memutuskan tindakan strategis atas perkembangan performansi Sumber Daya Manusia nya. Pemantauan performansi SDM dilakukan oleh Ketua Program Studi pada saat kegiatan Evaluasi Diri untuk Akreditasi Sarjana. Berdasarkan proses bisnis eksisting, performansi SDM dipantau melalui data profil SDM yang didokumentasikan secara manual, yaitu di dalam berkas. Oleh karenanya, proses pemantauan performansi SDM tersebut memakan waktu cukup lama dan memiliki dampak terhadap pengambilan keputusan. Untuk memecahkan permasalahan tersebut, dibuatlah solusi berupa aplikasi dashboard yang menerapkan konsep business intelligence, yang diharapkan mampu menjawab permasalahan yang terdapat pada proses pemantauan performansi SDM. Aplikasi dashboard ini dikembangkan berdasarkan kebutuhan Ketua Program Studi akan proses pemantauan performansi SDM yang lebih efisien dan pengambilan keputusan yang lebih efektif. Aplikasi dashboard ini dikembangkan dengan menggunakan metode Scrum, yakni salah satu bagian dari Agile Software Development yang sesuai dengan permasalahan di Sistem Informasi IT Telkom. Adapun metode scrum memungkinkan pengembangan aplikasi dashboard yang lebih cepat dan memiliki toleransi yang baik terhadap perubahan user requirements sehingga memiliki kesuksesan yang lebih tinggi jika dibandingkan dengan metode pengembangan aplikasi lainnya.
business intelligence, dashboard, monitoring performansi, Sumber Daya Manusia, scrum

Subjek

COMPUTER APPLICATION FOR BUSINESS
 

Katalog

PENERAPAN BUSINESS INTELLIGENCE PADA APLIKASI DASHBOARD MONITORING KINERJA SUMBER DAYA MANUSIA BERDASARKAN STANDAR 4 BAN-PT PROGRAM STUDI SARJANA MENGGUNAKAN METODE SCRUM (STUDI KASUS: PROGRAM STUDI S1 SISTEM INFORMASI UNIVERSITAS TELKOM)
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

FEMI YUMNA ANJANI
Perorangan
MURAHARTAWATY, ST., MT; ADITYAS WIDJAJARTO, ST., MT
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2014

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini