PEMBANGUNAN BIMBINGAN BELAJAR ONLINE MENGGUNAKAN METODA SCRUM

BUCHORI WAHYU HIDAYAT

Informasi Dasar

116092002
371.334
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Pendidikan adalah hal yang sangat penting bagi kehidupan manusia, terutama bagi mereka yang masih menyandang gelar pelajar . Karena itu, perhatian khusus harus diberikan kepada dunia pendidikan. Perh atian yang diberikan pemerintah maupun lembaga p endidikan sudah bisa dirasakan oleh banyak pihak, seperti semakin

banyaknya lembaga

lembaga pendidikan di Indonesia. Namun tampaknya , perkembangan lembaga pendidikan online masih sangat tertinggal. P adahal jumlah pengguna internet di Indonesia mengalami pe ningkatan yang amat drastis. Pentingnya pembelajaran melalui media internet menjadi alasan pentingnya pengembangan sistem bimbingan belajar online berbasis website dengan fitur yang cukup lengkap, khususnya di Indonesia.
Pengembangan aplikasi ini akan menggunakan metoda yang lebih mengedepankan fitur yang dikembangkan namun dengan sumber daya yang terbatas, yaitu metoda pengembangan software SCRUM. Metoda pengembangan SCRUM memulai perencanaan dari proses pembuatan dokumen product backlog dengan melihat analisis kebutuhan model bisnis dan proses bisnis. Metoda pengembangan dilanjutkan dengan sprint planning hingga pembuatan diagram burndown di setiap iterasi yang dilakukan. Apabila seluruh perancangan dianggap telah selesai dan product backlog item yang telah didaftarkan berhasil diimplementasikan semua, maka penelitian dilanjutkan dengan mencari hasil feedback dari pengguna. Aplikasi bimbingan belajar online i ni harus memiliki beberapa fungsionalitas yang mendukung pengemba ngan kemampuan pribadi secara mandiri, contohnya : siswa dapat melakukan simulasi ujian dan melihat hasilnya dalam bentuk tabel dan grafik. Sistem juga harus dilengkapi fungsi dasar administrator, seperti: tambah ujian baru, tambah soal baru dan validasi so al.
Hasil yang diperoleh dari pengembangan websi te bimbingan belajar online ini ialah aplikasi yang dapat melakukan fungsi utama dari bimbel online. Aplikasi bimbingan belajar online dibuat berdasarkan analisis kebutuhan yang berasal dari perancangan model bisnis menggunakan metoda pengembangan SCRUM dan rancangan UML . Aplikasi yang dibuat telah cukup mampu memenuhi kebutuhan user untuk beberapa fit ur, walaupun secara tampilan kurang memuaskan pengguna . Sistem ini memiliki kegunaan yang besar terutama terhadap pemanfaatan internet untuk pendidikan .


pendidikan, bimbingan belajar, SCRUM

Subjek

EDUCATIONAL TECHNOLOGY
 

Katalog

PEMBANGUNAN BIMBINGAN BELAJAR ONLINE MENGGUNAKAN METODA SCRUM
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

BUCHORI WAHYU HIDAYAT
Perorangan
YULI ADAM PRASETYO ST., MT.; BAYU MUNAJAT ST.
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2014

Koleksi

Kompetensi

 

Flipbook

anda harus log in untuk mengakses flippingbook

Lainnya

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini