MEMBANGUN SOFTWARE PEMBELAJARAN MULTIMEDIA INTERAKTIF MATERI TRAINING JAVA SPRING FRAMEWORK DENGAN MENGGUNAKAN METODE ADDIE INSTRUCTIONAL DESIGN

Bety Triyani

Informasi Dasar

116081046
005.262
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Metode pembelajaran yang dipakai di perguruan tinggi pada umumnya masih menggunakan metode konvensional yang mengharuskan mahasiswa untuk datang ke kelas, mendengarkan dosen menyampaikan materi kuliah dan mengerjakan tugas yang diberikan oleh dosen. Metode ini dapat membuat mahasiswa malas untuk masuk kuliah, dan rasa takut untuk bertanya. Ketika hal itu terjadi maka target dari pembelajaran tidak akan tercapai, dikarenakan dari beberapa faktor diantaranya, metode pembelajaran yang digunakan kurang tepat, faktor dosen, atau penyampaian materi kuliah yang kurang menarik dan membosankan. Proses pembelajaran dengan menggunakan internet yang sering disebut dengan e-learning ini memudahkan untuk belajar tanpa harus berhadapan langsung dan bebas tanpa terikat dengan waktu dan tempat.

Salah satu Keprofesian yang melakukan pelatihan tentang pemograman java adalah e-Business Application Development dan Spring Framework merupakan salah satu materi yang disampaikan di keprofesian ini. Namun, berdasarkan data survei pendahuluan yang dilakukan terhadap 30 responden mahasiswa Keprofesian diperoleh informasi bahwa mahasiswa mengalami kesulitan dalam memahami materi Java Spring Framework ini. Dalam Tugas Akhir ini, dilakukan pembangunan software pembelajaran multimedia interaktif materi Java Spring Framework, yang bertujuan untuk membantu mahasiswa dalam memahami materi tentang Java Spring framework. Metode yang digunakan untuk mengembangkannya dengan menggunakan ADDIE Instructional Desgin Model. Metode ini terdiri dari lima tahapan, yaitu Analysis,Design, Development, Impkementation, Evaluation.

Obyek kajian dalam penelitian ini, adalah materi Spring Framework di antaranya spring core, spring AOP, Spring DAO, Spring Web, dan spring MVC. Setiap bab terdapat materi, video tutorial, dan kuis.

e-learning, software Multimedia Pembelajaran, Spring Framework,

Subjek

JAVA
 

Katalog

MEMBANGUN SOFTWARE PEMBELAJARAN MULTIMEDIA INTERAKTIF MATERI TRAINING JAVA SPRING FRAMEWORK DENGAN MENGGUNAKAN METODE ADDIE INSTRUCTIONAL DESIGN
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

Bety Triyani
Perorangan
Seno Adi Putra S.Si, M.T; Amelia Kurniawati ST.,M.T
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2013

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini