MEMBANGUN SISTEM INFORMASI PERIZINAN KANTOR PELAYANAN PERIZINAN TERPADU (KP2T) BERBASIS WEB DENGAN METODE WATERFALL (Studi Kasus : Kantor Pelayanan Perizinan Terpadu (KP2T) Kabupaten Bangka Selatan)

Rachman Diar

Informasi Dasar

116080078
006.76
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

KP2T Kabupaten Bangka Selatan merupakan perangkat Pemerintah Daerah Bangka Belitung yang melakukan pelayanan perizinan terpadu satu pintu bagi masyarakat daerah Kabupaten Bangka Selatan. Memberikan akses yang lebih luas kepada masyarakat untuk memperoleh pelayanan publik serta terwujudnya pelayanan publik yang cepat, murah, mudah, transparan, pasti dan terjangkau merupakan salah satu maksud dan tujuan berdirinya KP2T Bangka Selatan. Dalam pelaksanaan pelayanan, KP2T kurang melakukan penyebaran informasi tentang penyelenggaraan pelayanan perizinan yang merupakan hak masyarakat. Hal tersebut membuat masyarakat tidak mengetahui fungsi dan tujuan proses pelayanan perizinan.
Berdasarkan peraturan Menteri Dalam Negeri no 24 tahun 2006 pasal 15 ayat satu : PPTSP memiliki basis data dengan menggunakan sistem manajemen informasi dan pasal 16 ayat satu: PPTSP wajib menyediakan dan menyebarkan informasi berkaitan dengan jenis pelayanan dan persyaratan teknis, mekanisme, penelusuran posisi dokumen pada setiap proses, biaya dan waktu perizinan dan non perizinan, serta tata cara pengaduan, yang dilakukan secara jelas melalui berbagai media yang mudah diakses dan diketahui oleh masyarakat. Berdasarkan peraturan tersebut Sistem Informasi Perizinan KP2T ini dibangun berbasis web karena melihat maksud dan tujuan KP2T didirikan untuk memberikan akses yang luas kepada masyarakat untuk memperoleh pelayanan publik serta terwujudnya pelayanan publik yang cepat, murah, mudah, transparan, pasti dan terjangkau serta web merupakan media yang mudah diakses kapan saja dimana saja. Kebutuhan Sistem Informasi Perizinan KP2T yang telah didefinisikan secara utuh, explicit dan benar di awal pembangunan sistem menjadikan dipilihnya metode pengembangan dengan waterfall. Waktu yang sempit dalam penelitian serta penekanan biaya dalam juga menjadi dasar pendukung dipilihnya metode waterfall.
Sistem Informasi Perizinan KP2T Bangka Selatan adalah aplikasi sistem informasi yang memfasilitasi proses perizinan didalam KP2T, mulai dari proses permohonan sampai dikeluarkannya surat keputusan (SK) perizinan. Sistem ini dilengkapi dengan adanya fungsi pencarian dalam setiap tahap perizinan agar vi memudahkan pemohon mengetahui posisi dokumen perizinan yang telah diajukan serta memberikan informasi kepada masyarakat tentang segala informasi yang berkaitan dengan peyelengaraan pelayanan di KP2T sebagai salah satu peningkatan pelayanan KP2T kepada masyarakat.
KP2T, Perizinan Terpadu, Metode Waterfall

Subjek

WEB PROGRAMMING
 

Katalog

MEMBANGUN SISTEM INFORMASI PERIZINAN KANTOR PELAYANAN PERIZINAN TERPADU (KP2T) BERBASIS WEB DENGAN METODE WATERFALL (Studi Kasus : Kantor Pelayanan Perizinan Terpadu (KP2T) Kabupaten Bangka Selatan)
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

Rachman Diar
Perorangan
Riza Agustiansyah, ST., M.Kom; Umar Yunan Kurnia Septo H, ST
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2013

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini