MEMBANGUN SISTEM INFORMASI MANAJEMEN LABORATORIUM RUMAH SAKIT DENGAN MENGGUNAKAN METODE WATERFALL (STUDI KASUS : RUMAH SAKIT UMUM DAERAH KOTA BANDUNG )

Rifqi

Informasi Dasar

116080063
658.403 8
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kota Bandung merupakan salah satu instansi yang bergerak di bidang kesehatan yang bertujuan untuk mewujudkan derajat kesehatan yang optimal bagi masyarakat. Untuk itu, rumah sakit sebaiknya memiliki sistem informasi manajemen rumah sakit yang mengelola seluruh kegiatan yang ada agar dapat memberikan pelayanan yang sebaik-baiknya dengan manajemen yang seefektif mungkin .Pada saat ini RSUD Kota Bandung belum sepenuhnya menerapkan sistem informasi manajemen rumah sakit. Masih ada bagian-bagian rumah sakit yang melakukan kegiatannya dengan sistem manual, seperti pada bagian laboratorium. Proses manual pada bagian laboratorium mempunyai beberapa masalah yaitu banyaknya kertas kerja yang digunakan untuk mencatat hasil pemeriksaan, terjadi kesalahan pada saat proses pencatatan data pemeriksaan, terlambatnya penyajian laporan pemeriksaan dan laporan rekam medik laboratorium, pelayanan terhadap pasien yang kurang efisien, dan pengambilan keputusan oleh manajemen yang salah dan terlambat.

Untuk mengatasi beberapa masalah tersebut akan dibangun suatu sistem informasi manajemen laboratorium rumah sakit. Sistem Informasi ini berbasis web, agar mudah diakses oleh petugas -petugas di laboratorium secara realtime . Pembuatan sistem informasi ini akan dilakukan dengan menggunakan pengembangan model waterfall.

Sistem Informasi Manajemen Laboratorium ini sangat membantu untuk mengelola data laboratorium seperti data pasien, data registrasi pemeriksaan, dan data hasil pemeriksaan . Selain itu juga sistem menghasi lkan informasi mengenai jumlah jenis pemeriksaan u ntuk melakukan evaluasi pelayanan dan pengambilan keputusan. sistem informasi manajemen rumah sakit, sistem informasi manajemen laboratorium , data laboratorium , waterfall

Subjek

INFORMATION MANAGEMENT
 

Katalog

MEMBANGUN SISTEM INFORMASI MANAJEMEN LABORATORIUM RUMAH SAKIT DENGAN MENGGUNAKAN METODE WATERFALL (STUDI KASUS : RUMAH SAKIT UMUM DAERAH KOTA BANDUNG )
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

Rifqi
Perorangan
Riza Agustiansyah ST.,M.Kom; R. Wahyu Wicaksono ST.,MM
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2013

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini