Implementasi Fast Fourier Transform dan Inverse Fast Fourier Transform pada Teknologi Mobile WiMax Menggunakan FPGA

DINDA PRAMANTA

Informasi Dasar

115080081
621.367
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Pada umumnya teknologi telekomunikasi sekarang ini melakukan pengiriman data secara nirkabel. I/FFT merupakan metode pemecahan sinyal diskrit yang digunakan pada teknologi WIMAX (802.16e). Selama ini FFT hanya dipandang sebagai suatu sistem komputasi namun sekarang FFT sudah menjadi sesuatu yang sangat penting terutama pada komunikasi yang menggunakan BWA (Broadband Wireless Acces ).

Dalam pembuatan desain fast fourier transform dan Inverse fast fourier transform di gunakan metode algoritma Cooley-Tukey, dimana spesifikasi yang digunakan mengacu pada 802.16e (1024 titik radiks-4) dengan menggunakan Xilinx Virtex-4 XCVLX25 pada board Field Programmable Gate Array (FPGA) dengan menggunakan bahasa VHSIC Hardware Description Language (VHDL). Desain dengan VHDL ini memodelkan sistem sesuai dengan kebutuhan dari sistem prosesor I/FFT 1024 titik dan mensimulasikannya dengan ModelSim sebelum perangkat lunak sintesis menerjemahkan desain dalam hardware. Kemudian hasil simulasinya dibandingkan dengan pemodelan yang telah dilakukan di MATLAB.

Dari hasil pemodelan dan simulasi maka dilakukan sintesis pada tingkat hardware FPGA dengan Xilinx Shynthesize Tools. Dari hasil sintesa blok sistem prosesor I/FFT 1024 titik radiks-4 didapatkan jumlah resource yang dibutuhkan adalah jumlah slice 1%, jumlah slice flip-flop 1%, jumlah 4 LUT (Look Up Table) 1%, dan jumlah IOB 27% dengan error bit maksimum untuk FFT sebesar 5,95% sedangkan pada IFFT 0,1%. Secara keseluruhan, penelitian ini telah membuktikan bahwa I/FFT 1024 titik dengan menggunakan resource seminimal mungkin sehingga memungkinkan untuk pengembangan aplikasi dan power. Namun pada proses pengujiannya membutuhkan blok ADC/DAC. WiMAX, FPGA, VHDL, BWA, Fast Fourier Transform, Inverse Fast Fourier Transform.

Subjek

IMAGE PROCEESING
 

Katalog

Implementasi Fast Fourier Transform dan Inverse Fast Fourier Transform pada Teknologi Mobile WiMax Menggunakan FPGA
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

DINDA PRAMANTA
Perorangan
Iswahyudi Hidayat; Denny Darlis
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2013

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini