Perancangan dan Implementasi Aplikasi Camhouse Pada Sistem Keamanan Rumah dengan Menggunakan Ponsel Cerdas Android

Arken Abdullah

Informasi Dasar

41 kali
114090070
006.3
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Sistem keamanan menggunakan kamera semakin marak digunakan. Tujuannya adalah untuk memantau keadaan sekitar dari suatu tempat sehingga memudahkan dalam pemantauan langsung.Biasanya pemantauan hanya dilakukan secara offline atau secara lokal pada lingkup tertentu. Disisi lain perkembangan pada mobile device yang semakin pesat dan didukung dengan koneksi internet semakin membuat perangkat ini seolah menjadi barang yang harus dimiliki. Karena pada era teknologi informasi saat ini kebutuhan akan informasi dan komunikasi yang cepat dan up to date sangatlah dibutuhkan demi menunjang kegiatan sehari- hari. Dan untuk mengurangi permasalahan tersebut makadirasa perlu untuk membangun aplikasi mobile yaitu Cam House yang dapat me-monitoring suatu tempat dan dapat diakses darimana saja dengan memanfaatkan koneksi internet.
Pada tugas akhir ini dirancang sebuah sistem keamanan pada rumah yang bersifat klien- server. Disisi klien dibuat sebuah aplikasi mobile yang dapat menampilkan live video streaming yang ditangkap oleh kamera webcam pada server, mengontrol fitur snapshot, dan video recording. Disamping itu aplikasi mobile juga dapat menerima notifikasi apabila fitur motion detection pada sistem mendeteksi adanya pergerakan.
Pada penerapannya, kualitas live video streaming dihitung dengan melakukan perhitungan PSNR. Nilai yang diperoleh masih dapat ditolerir yaitu sebesar 23,75dB. Performansi motion detection relatif baik, karena dapat mendeteksi objek dengan kecepatan ± 0.5m/s, ± 1m/s, dan ± 2m/s dengan tingkat intensitas cahaya yang berbeda. Disisi lain berdasarkan pengujian beta ,aplikasi android, web, dan PC-Server yang dibuat pada sistem keamanan berjalan dengan baik sesuai dengan yang diharapkan tanpa adanya dan berdasarkan pengujian alpha, ketiga aplikasi tersebut mendapatkan nilai yang relatif baik dari responden baik dari segi fungsionalitas, tampilan, dan kebutuhan.
Monitoring, Online, Mobile, Server.

Subjek

ARTIFICIAL INTELLIGENCE
 

Katalog

Perancangan dan Implementasi Aplikasi Camhouse Pada Sistem Keamanan Rumah dengan Menggunakan Ponsel Cerdas Android
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

Arken Abdullah
Perorangan
Budhi Irawan; Fairuz Azmi
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2014

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini