PERANCANGAN DAN PEMBUATAN PERILAKU NPC PADA GAME LABIRIN BERBASIS PLATFORM FLASH MENGGUNAKAN LOGIKA FUZZY

Prio Adi Ramadhani

Informasi Dasar

114090024
511.313
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Sebuah permainan (game) sejatinya merupakan sesuatu yang dapat dimainkan menggunakan media elektronik, dimana yang memainkannya harus membuat keputusan dalam permainan tersebut untuk mencapai suatu tujuan akhir (goal). Dalam sebuah game biasanya memerlukan objek yang akan berinteraksi dengan objek lainnya. Interaksi yang terjadi dapat berupa halangan, serangan, atau yang lainnya. Salah satu genre game adalah Maze Game, dimana pemain harus menemukan jalur yang tepat serta mengumpulkan poin dengan cara mengambil sebuah objek tidak bergerak di suatu tempat.

Dalam tugas akhir ini dibuat sebuah permainan “Labirin Copter Version” yang di dalamnya terdapat sebuah objek helikopter sebagai objek yang diperankan oleh pemain. Penghalang objek utama ini adalah musuh yang menembaki, dinding, dan bom. Untuk memberikan kecerdasan buatan pada musuh yang menembaki ini digunakan logika Fuzzy. Logika fuzzy adalah suatu bentuk logika berasal dari teori himpunan fuzzy yang digunakan untuk bersifat penalaran daripada bersifat eksak. Jadi tembakan yang dilakukan oleh objek musuh ini tidak dilakukan secara random, melainkan berdasarkan kemungkinan posisi dari objek utama (player). Logika fuzzy ini juga digunakan untuk menentukan kelincahan atau kecepatan objek musuh dalam mengejar player.

Dilihat dari hasil penelitian, Game Labirin Copter Version merupakan game yang menarik dari sisi penggunaan NPC dimana NPC pada game ini menggunakan logika Fuzzy dalam menentukan perilakunya. Di sisi lain Game Labirin Copter Version merupakan game yang menarik dari sisi tampilan, sound, respon, dan gameplay.

kecerdasan buatan, logika fuzzy, Flash

Subjek

Fuzzy logic
 

Katalog

PERANCANGAN DAN PEMBUATAN PERILAKU NPC PADA GAME LABIRIN BERBASIS PLATFORM FLASH MENGGUNAKAN LOGIKA FUZZY
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

Prio Adi Ramadhani
Perorangan
Purba Daru Kusuma; Astri Novianty
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2013

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini