Penerapan Metode Poselet untuk Deteksi Manusia Sebagai Korban dari Sudut Pandang Aerial

Candhie Khairul Ikhwan

Informasi Dasar

113100009
363.3
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Bencana merupakan kejadian yang tidak bisa dicegah oleh manusia, seperti gempa bumi, gunung meletus, tan ah longsor, tsunami dan bencana lainnya. Kejadian tersebut mempunyai kemungkinan adanya korban. Sulitnya lokasi yang dijangkau oleh manusia untuk mengevakuasi dan menghabiskan waktu mencari korban pada satu tempat saja menjadi permasalahannya, seperti terj ebak pada gedung, maka diperlukan kamera untuk mendeteksi korban yang berada pada lingkungan tersebut, kamera yang digunakan memiliki resolusi yang kecil, setelah itu akan dideteksi adakah korban pada daerah tersebut, apabila terdapat korban maka akan dila kukan evakuasi secepatnya untuk pertolongan pertama pada korban.
Pendeteksian dilakukan dengan metode poselet, dimana metode ini menerapkan deteksi pada bagian tubuh, seperti mata, hidung, pundak dan badan.

Pendeteksian ini didasarkan pada titik

titik yan g berada pada bagian tubuh, yang nantinya akan dilakukan pengelompokan dan akan didapatkan per bagian tubuh sebagai deteksinya. Sebagai pendukung metode ini menggunakan fitur Histogram of Oriented Gradient (HOG).
Penggunaan metode ini diharapkan dapat men deteksi korban bencana, walaupun hany a terlihat bagian badannya saja . Penerapan ini dilakukan simulasi didalam ruangan sebagai tempat untuk studi kasusnya. dengan menggunakan kamera pocket atau sejenisnya yang memiliki resolusi kamera kecil dan pengambilan gambar diambil dari udara ( aerial view) . Pengukuran performansi dilihat Precision – Recall . poselet, deteksi manusia, deteksi korban , SVM , histogram of oriented gradient, deteksi obyek

Subjek

Disasters
 

Katalog

Penerapan Metode Poselet untuk Deteksi Manusia Sebagai Korban dari Sudut Pandang Aerial
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

Candhie Khairul Ikhwan
Perorangan
Bedy Purnama, S.Si, MT.; Bayu Erfianto, S.Si, M.Sc
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2014

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini