Analisa dan Implementasi Process Mining Pada Event Log Blog IT Telkom Menggunakan Fuzzy Mining

Dellia Meidinnur Primanda Putri

Informasi Dasar

113080280
006.312
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Blog IT Telkom adalah sistem informasi yang dibangun oleh instansi pendidikan yang saat itu bernama IT Telkom dan kini telah menjadi Universitas Telkom sebagai salah satu upaya untuk menaikkan ranking webometrics . Dalam mencapai tujuan tersebut maka diranc anglah suatu SOP (Standard Operationa Procedure) agar Blog dapat menjalankan proses bisnis yang dituju. Namun apakah kegiatan yang terjadi di dalamnya sudah berjalan sesuai dengan prosedur, hal inilah yang menjadi permasalahan

Untuk menjawab permasalahan tersebut dilakukanlah proses mining yaitu kegiatan mengekstrak data dari event log Blog IT Telkom menjadi model proses dengan menggunakan fuzzy mining. Model yang didapat dari proses mining ini menggambarkan proses yang terjadi sebenarnya pada blog sehing ga dapat menjadi acuan terhadap maintenance dan perbaikan terhadap Blog.

Algoritma fuzzy mining digunakan karena dapat menghasilkan proses model yang sederhana namun dapat menggambarkan keseuruhan kegiatan yang terjadi pada blog dibuktikan dengan nilai rec all yang mendekati 1. Model proses yang sederhana merupakan hasil dari graph simplification proses pada algoritma fuzzy mining. Karena hasilnya yang sederhana model proses ini tidak menampilkan model yang terlalu umum sehingga dapat menghemat waktu perbaik kan , langsung dapat dipakai.

process mining , event log , fuzzy mining , model proses, graph simplification process , Blog IT Telkom

Subjek

FUZZY SYSTEM
 

Katalog

Analisa dan Implementasi Process Mining Pada Event Log Blog IT Telkom Menggunakan Fuzzy Mining
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

Dellia Meidinnur Primanda Putri
Perorangan
Imelda Atastina S.si, MT.; Angelina Prima K. ST, MT
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2014

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini