EVALUASI BESARAN TARIF PAKET INTERNET PADA PRODUK SIMPATI LOOP MENGGUNAKAN METODE VALUE BASED PRICING

Gusti Putu Ayu Astari

Informasi Dasar

112104241
658.56
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Meningkatnya kebutuhan internet mengakibatkan peningkatan jumlah pengguna internet di Indonesia, sehingga banyak muncul operator telekomunikasi yang menyediakan layanan paket akses internet. Telkomsel merupakan salah satu perusahaan yang menyediakan layana n paket internet. Dimana salah satu produk unggulannya yaitu SimPATI.
SimPATI merupakan salah satu produk Telkomsel yang ditujukan bagi kalangan menengah. Pertengahan tahun 2013 lalu, SimPATI mengeluarkan produk terbarunya yang bernama SimPATI Loop dengan segmentasi pasar yang dituju yaitu bagi kalangan muda (youth), dimana segmen ini sangat sensitif terhadap tarif . Pada produk SimPATI Loop, paket int ernet yang sering digunakan pelanggan yaitu paket internet 6 GB (MAXI Loop) dan 12 GB (OnLoop Holic) .
Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi tarif tiap paket produk SimPATI Loop sesuai dengan benefit yang dirasakan pelanggan dengan harga yang harus dibayar pelanggan untuk menghindari penetapan harga yang terlalu tinggi maupun terlalu rendah dari kemau an bayar pelanggan menggunakan metode Value Based Pricing.
Berdasarkan hasil perhitungan dan evaluasi didapat customer value map pada paket 6 GB berada pada disadvantage area karena memiliki perceived value yang lebih rendah dari kompetitor sebesar 0.79:1.09. Untuk customer value map paket 12 GB berada pada advantage area sebesar 0.9:0.8. Pada pendekatan price sensitivity meter paket 6 GB acceptable price range

yaitu Rp 35.000

Rp 55.000 dan untuk paket 12 GB acceptable price range

yaitu Rp 50.000

Rp 70.000. Sedangkan rekomendasi usulan tarif pada tiap paket produk SimPATI Loop dengan mempertimbangkan tarif exis ting dari produk SimPATI Loop, tarif kompetitor, customer value map , dan customer willingness to pay yaitu sebesar Rp 35.514 untuk paket data 6 GB dan Rp 50 .000 untuk paket data 12 GB . SimPATI Loop , Tarif , Customer Value Map, Customer Willingness To Pay, Value Based Pricing

Subjek

PRODUCT
 

Katalog

EVALUASI BESARAN TARIF PAKET INTERNET PADA PRODUK SIMPATI LOOP MENGGUNAKAN METODE VALUE BASED PRICING
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

Gusti Putu Ayu Astari
Perorangan
Farda Hasun, Ir.,MSc; -
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Teknik Industri
Bandung
2014

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini