ANALISIS KARAKTERISTIK KEBERHASILAN BELAJAR MAHASISWA TAHAP PERSIAPAN BERSAMA FAKULTAS REKAYASA INDUSTRI TELKOM UNIVERSITY BERDASARKAN MOTIVASI BELAJAR MENGGUNAKAN METODE KNOWLEDGE CONVERSION 5C

Carina Yustitia Setiadi

Informasi Dasar

112100156
658.501
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Pendidikan tinggi merupakan salah satu usaha masyarakat dalam meningkatkan taraf hidup. Telkom University adalah institusi swasta yang menyelenggarakan pendidikan tinggi yang didalamnya terdapat Fakultas Rekayasa Industri yang terdiri dari program studi Teknik Industri (S1) dan Sistem Informasi (S1). Aturan yang diterapkan di Telkom University pada tingkat awal perkuliahan, mahasiswa mengikuti program tahap persiapan bersama (TPB). Tujuan dari TPB yaitu memberikan landasan yang kuat akan sains dan teknologi bagi mahasiswa baru. Keberhasilan belajar mahasiswa dievaluasi melalui Indeks Prestasi.Penelitian dilakukan terhadap keberhasilan belajar mahasiswa TPB Telkom University berdasarkan motivasi belajar untuk meningkatkan nilai bisnis dari insitusi, dan juga untuk melihat kesesuaian antara tujuan institusi dengan fakta yang terjadi di lapangan dengan menggunakan proses konversi data menjadi informasi 5C yang terdiri dari Contextualized, Categorized, Calculated, Corrected, danCondensed.
Proses konversi dimulaidariproses identifikasi data, memahami manfaat data, pengelompokan data ke dalam kategori tertentu, melakukan perhitungan, melakukan koreksi, dan meringkas informasi. Data yang digunakan diantaranya data pribadi mahasiswa (jenis kelamin, usia dan perbedaan tempat tinggal dengan orang tua), data nilai IP semester 1, dan data hasil Motivated Strategies for Learning Questionaire yang telah disesuaikan dengan studi kasus.Berdasarkan hasilanalisis dan hasil pengolahan data maka diperoleh informasi nilai mahasiswa dikelompokkan menjadi lima kelompok.Tingkatan motivasi dikelompokanmenggunakan BlauthFormula sehingga terdapat enam tingkat.
Karakteristik motivasi dapat menjadi bahan evaluasi keberhasilan belajar mahasiswa TPB Fakultas Rekayasa Industri 2013 bagi pihak institusi. Penelitian selanjutnya dapat meneruskan proses konversi dari informasi ke knowledge dengan metode 4C, yaitu comparison, consequence, connection, dan conversation.

Kata Kunci: Pendidikan Tinggi, TPB, IP, MSLQ, Knowledge Conversion, 5C, Motivasi Belajar, Evaluasi Keberhasilan Belajar.

Subjek

Industri engineering
 

Katalog

ANALISIS KARAKTERISTIK KEBERHASILAN BELAJAR MAHASISWA TAHAP PERSIAPAN BERSAMA FAKULTAS REKAYASA INDUSTRI TELKOM UNIVERSITY BERDASARKAN MOTIVASI BELAJAR MENGGUNAKAN METODE KNOWLEDGE CONVERSION 5C
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

Carina Yustitia Setiadi
Perorangan
Amelia Kurniawati, Rayinda P. Soesanto
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Teknik Industri
Bandung
2014

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini