Optimasi Pengurutan Job Dalam Mesin Potong Tunggal Dengan Menggunakan Metode Algoritma NBR Untuk Meminimasi Tardiness Hydraulic Shearing

Mikael Wahyu Wicaksono

Informasi Dasar

112080227
658.501
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Penelitian Tugas Akhir ini membahas mengenai penjadwalan job pada salah satu mesin yang ada di PT. Delima Jaya. Mesin ini merupakan salah satu mesin operasi utama pada proses produksi pabrikasi, yaitu mesin Hydraulic Shearing. Produk yang diproses pada mesin ini bervariasi dengan ketebalan yang beragam.

Permasalahan saat ini, Mesin hydraulic shearing yang merupakan mesin potong tunggal mengalami antrian cukup panjang. Antrian ini ditunjukan dari tingginya utilitas mesin hydraulic shearing yang disebabkan oleh proses penjadwalan job pada mesin ini yang belum optimal. Oleh karena itu, diperlukan penjadwalan job pada mesin hydraulic shearing yang mampu meminimasi tardiness.

Pendekatan heuristik terpilih untuk memecahkan permasalahan ini dengan fungsi tujuan berupa minimasi tardiness. Metode yang terpilih untuk mengatasi permasalahan ini yaitu metode algoritma NBR. Dalam menghasilkan solusi dengan nilai NBR terbaik menggunakan perhitungan CR dan BR untuk meminimasi tardiness.

Berdasarkan hasil perhitungan menggunakan metode net benefit of relocation dengan 13 iterasi, dihasilkan proses pengurutan job usulan dengan penurunan tardiness untuk job dalam mesin hydraulic shearing sebesar 20.97967 % Penjadwalan produksi, Algoritma NBR, Hydraulic Shearing, Tardiness.

Subjek

Industri engineering
 

Katalog

Optimasi Pengurutan Job Dalam Mesin Potong Tunggal Dengan Menggunakan Metode Algoritma NBR Untuk Meminimasi Tardiness Hydraulic Shearing
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

Mikael Wahyu Wicaksono
Perorangan
Pratya Poeri S., Rino Andias Anugraha
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Teknik Industri
Bandung
2013

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini