ANALISIS DAN PERBAIKAN JASA PENGIRIMAN PAKET KILAT KHUSUS PT POS INDONESIA DENGAN METODE SIX SIGMA

RININTA LESTARI

Informasi Dasar

112071096
338.47
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

PT Pos Indonesia adalah BUMN merupakan perusahaan penyedia jasa pos dengan cakupan usaha luas di bidang komunikasi, logistic, dan layanan keuangan dengan basis keunggulan dalam hal kehandalan networking yang menjangkau hampir seluruh pelosok Indonesia. PT Pos memiliki aplikasi IPOS (Integrated Pos), aplikasi IPOS ini terdiri dari enam layanan yang dapat dipergunakan oleh pelanggan, antara lain Pengiriman Paket Kilat Khusus (PPKH), Pengiriman Paket Biasa (PPB), Pos Express, Benda Pos dan Materai (BPM), Express Mail Service (EMS), dan Paket Pos Luar Negeri (tercatat R-LN). PT Pos juga merupakan salah satu perusahaan yang fokus kepada peningkatan kualitas. Banyak upaya yang dilakukan PT Pos untuk dapat mempertahankan konsistensinya dan untuk dapat bersaing dengan kompetitor-kompetitor swasta yang bermunculan.

Untuk meningkatkan kepuasan pelanggan serta terus meningkatkan kinerja pelayanannya guna menghadapi kemajuan bisnis di masa yang akan datang, PT Pos melakukan pengukuran kinerja pada layanan Pengiriman Paket Kilat Khusus (PPKH), yang dilakukan dengan menerapkan metode six sigma. Six sigma mengacu pada upaya perbaikan terus-menerus secara dramatis untuk menuju tingkat kegagalan nol (zero defect). Metode ini bertujuan untuk mengurangi tingkat variasi dan defect pada proses, sehingga dapat dihasilkan kualitas yang lebih baik. Dengan menggunakan metode six sigma, dapat ditemukan akar permasalahan yang menyebabkan kecacatan layanan, sehingga dapat dilakukan perbaikan untuk menghindari masalah yang sama di masa mendatang. Pada penelitian ini dilakukan empat tahapan six sigma, yaitu Define, Measure, Analyze, dan Improve. Pada tahap define dilakukan penentuan proyek six sigma, pemetaan proses, dan perumusan Critical to Quality (CTQ). Pada tahap measure dilakukan pengukuran stabilitas proses, serta nilai sigma produk di level output. Pada tahap analyze dilakukan analisis stabilitas proses, analisis nilai sigma, serta analisis sebab akibat untuk mengidentifikasi faktor-faktor penyebab cacat. Pada tahap improve dilakukan pembuatan usulan perbaikan cacat serta usulan prioritas perbaikan yang bisa digunakan sebagai referensi oleh perusahaan.

Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh dua CTQ potensial yang memengaruhi kinerja layanan PPKH, yaitu waktu pengiriman, dan kondisi paket. Nilai sigma yang didapatkan perusahaan adalah 2.63 yang masih jauh dari 6 sigma. Pemberian rekomendasi diberikan kepada PT Pos agar dapat meningkatkan kinerja layanan PPKH, antar lain pemberian reward dan punishment, pemberian stempel nama petugas sortir, paket menggunakan plastik bening, display fragile, dan pemberian stiker sesuai berat paket. Kualitas, Defect, Six Sigma, CTQ.

Subjek

MANAGEMENT SERVICES
 

Katalog

ANALISIS DAN PERBAIKAN JASA PENGIRIMAN PAKET KILAT KHUSUS PT POS INDONESIA DENGAN METODE SIX SIGMA
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

RININTA LESTARI
Perorangan
MARINA YUSTIANA LUBIS,IR.,MSI; AMELIA KURNIAWATI,ST.,MT
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2011

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini