ANALISIS KEBUTUHAN PELANGGAN SPEEDY MENGGUNAKAN INTEGRASI SERVQUAL DAN MODEL KANO DI PLASA TELKOM SUPRATMAN KOTA BANDUNG

Masterson Aneda

Informasi Dasar

112071047
338.47
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Pertumbuhan kebutuhan internet mengalami peningkatan setiap tahunnya. Kebutuhan internet yang semakin meningkat serta regulasi pemerintah yang mendasari diberikannya lisensi kepada provider internet baru untuk membuat kompetisi antar provider internet menjadi semakin terbuka . P T.Telkom merupakan salah satu perusahaan yang bergerak di bidang Internet Service Provider dengan produk unggulannya yaitu Speedy. Pada layanan internet Speedy terdapat beberapa keluhan yang mencerminkan ketidakpuasan pelanggan terhadap layanan internet da ri Speedy ini. PT.Telkom harus mampu mengetahui dan menyediakan layanan yang sesuai dengan kebutuhan pelanggan agar dapat bertahan di pasar bisnis layanan internet.

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan kualitas layanan internet speedy meng gunakan integrasi Service Quality dan model Kano dengan mengetahui atribut kebutuhan pelanggan terhadap layanan internet Speedy pada Plasa Telkom Supratman di Kota Bandung . Penelitian ini dilakukan dengan mengidentifikasi 23 atribut kebutuhan layanan inter net Speedy yang digunakan untuk mengukur kinerja existing perusahaan dan mengategorikan atribut kebutuhan. Setelah itu, ditentukan atribut kebutuhan yang perlu di prioritaskan dalam pengembangan layanan internet Speedy dari PT.Telkom.

Berdasarkan hasil pengolahan data pada kuesioner Service Quality , terdapat 7 atribut kebutuhan layanan internet Speedy yang belum dapat memenuhi kebutuhan pelanggan atau kinerjanya berada di bawah harapan pelanggan dan 1 6 atribut yang telah dapat memenuhu kepuasan pelanggan. Berdasarkan hasil pengolahan data pada kuesioner model Kano, terdapat 1 atribut kebutuhan berkategori attractive, 8 atribut kebutuhan berkategori one dimensional , dan 14 atribut berkategori must be.

Perumusan rekomendasi menenai atribu t kebutuhan yang perlu di tingkatkan didapat berdasarkan hasil pengolahan data dan analisis secara mendalam dengan memperhatikan keluhan dari pelanggan dan kondisi existing pada layanan internet Speedy. Berdasarkan hasil pengolahan data dan analisis, terda pat 8 atribut kebutuhan yang perlu ditingkatkan oleh PT.Telkom .

Analisis kebutuhan, Service Quality , Model Kano, Pengembangan layanan

Subjek

SERVICE QUALITY
 

Katalog

ANALISIS KEBUTUHAN PELANGGAN SPEEDY MENGGUNAKAN INTEGRASI SERVQUAL DAN MODEL KANO DI PLASA TELKOM SUPRATMAN KOTA BANDUNG
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

Masterson Aneda
Perorangan
Nurul Hermina, Dra., MM; Muhammad Iqbal, ST.,MM
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2014

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini