PERBAIKAN PROSES BISNIS LAYANAN POLIKLINIK PT WIDYA BHAKTI INTI (WBI) DENGAN MENGGUNAKAN METODE BUSINESS PROCESS IMPROVEMENT

RIZKA VARIADI

Informasi Dasar

112070166
658.501
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

PT Widya Bhakti Inti disingkat PT WBI adalah salah satu perusahaan yang bergerak dalam bidang pelayanan kesehatan masyarakat. Poliklinik PT WBI merupakan salah satu poliklinik yang terdapat di kota Bandung. Poliklinik PT WBI memiliki 3 poliklinik utama, poliklinik umum, poliklinik gigi, dan poliklinik KB/ KIA. Kepuasan pasien menjadi sesuatu hal yang sangat penting karena pada hakikatnya sebagian besar proses bisnis yang ada akan lebih sering terkait secara langsung dengan pasien. Untuk itu, dilakukan penyebaran kuesioner untuk mengetahui kepuasan pasien terhadap layanan poliklinik PT WBI dan dari hasil kuesioner tersebut didapatkan 62% pasien tidak puas terhadap pelayanan yang diberikan. Selain adanya keluhan dari pelanggan eksternal atau pasien, diperoleh pula keluhan dari pelanggan internal atau staf poliklinik. Dengan demikian, perlu dilakukan perbaikan dengan menggunakan Business Process Improvement untuk proses bisnis poliklinik PT WBI agar proses menjadi lebih efektif dan efisien.

Perbaikan proses dengan BPI mencakup analisis nilai tambah dan penggunaan streamlining tool dengan mempertimbangkan aspek ketersediaan fasilitas, teknologi dan sumber daya manusia serta data keluhan dari pelanggan internal dan eksternal dari proses bisnis existing-nya. Analisis dilakukan per aktivitas untuk setiap proses dengan pendekatan analisis aktivitas dan streamlining untuk mendapatkan proses bisnis yang lebih efektif, efisien dan adaptif serta didukung dengan pembuatan sistem informasi. Perbaikan proses bisnis existing dilakukan menggunakan pendekatan Business Process Improvement dan didapat penurunan jumlah aktivitas serta nilai efisiensi waktu siklus usulan meningkat untuk setiap jenis pelayanan. Untuk pembuatan sistem informasi, metode yang digunakan adalah metode waterfall. Sistem informasi yang dibuat merupakan sistem informasi yang terintegrasi antara bagian pendaftaran, perawat, dokter, dan apotek.

Didapatkan proses bisnis usulan yang tingkat efisiensinya lebih baik dibandingkan dengan proses bisnis existing. Pelayanan pendaftaran pasien baru efisiensi waktu siklus existing 7,23% dan usulan 27,35%; Pelayanan pendaftaran pasien lama efisiensi waktu siklus existing 7,22% dan usulan 39,60%; Pelayanan poliklinik umum existing 50,00% dan usulan 88,71%; Pelayanan poliklinik gigi existing 54,45% dan usulan 89,61%; Pelayanan pengambilan obat existing 5,83% dan usulan 12,61% Streamlining, Sistem Informasi, Bussiness Process Improvement.

Subjek

RESEARCH
 

Katalog

PERBAIKAN PROSES BISNIS LAYANAN POLIKLINIK PT WIDYA BHAKTI INTI (WBI) DENGAN MENGGUNAKAN METODE BUSINESS PROCESS IMPROVEMENT
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

RIZKA VARIADI
Perorangan
AMELIA KURNIAWATI, ST., MT; M. TEGUH KURNIAWAN, ST., MT
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2012

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini