Pengembangan Layanan Internet Banking Mandiri Berdasarkan Trust Nasabah di Bandung

Puti Ayu Rengganis

Informasi Dasar

112070150
658.501
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Internet Banking Mandiri merupakan saluran distribusi Bank Mandiri untuk memberikan kemudahan bagi nasabah untuk mengakses rekening melalui jaringan internet. Transaksi melalui jaringan internet, menyebabkan nasabah dan bank tidak bersentuhan secara fisik, sehingga diperlukan trust. Oleh karena itu, Bank Mandiri perlu menumbuhkan trust nasabah untuk meningkatkan penggunaan layanan Internet Banking Mandiri.

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis trust dari nasabah Internet Banking Mandiri di Bandung untuk perbaikan terhadap layanan Internet Banking Mandiri. Variabel yang digunakan dalam penelitian ini yaitu, shared value, communication, opportunistic behavior, dan traditional bank attributes. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 135 nasabah.

Berdasarkan hasil analisis terhadap trust nasabah Internet Banking Mandiri di Bandung, diketahui urutan variabel yang mempengaruhi trust, yaitu opportunistic behavior, communication, shared value, dan traditional bank attributes. Berdasarkan diagram tingkat kepentingan dan tingkat kinerja aktual, didapatkan hasil bahwa Internet Banking Mandiri belum dapat menghasilkan kinerja aktual yang sesuai dengan harapan nasabah. Dengan demikian, perlu dilakukan perbaikan berdasarkan variabel-variabel yang mempengaruhi trust nasabah Internet Banking Mandiri.

Perumusan program rekomendasi disusun guna meningkatkan layanan Internet Banking Mandiri. Program rekomendasi dirumuskan berdasarkan hasil pengolahan data, analisis, brainstorming dengan pihak Bank Mandiri serta melakukan benchmark program relevan di perusahaan lain. Adapun rekomendasi program yang diunggulkan lebih mengutamakan kemanan sistem Internet Banking Mandiri dengan adanya SMS OTP dan transaction alert serta komunikasi antara website dengan nasabah, melalui tersedianya program demo flash yang diberikan oleh Bank Mandiri. Internet Banking Mandiri, trust

Subjek

RESEARCH
 

Katalog

Pengembangan Layanan Internet Banking Mandiri Berdasarkan Trust Nasabah di Bandung
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

Puti Ayu Rengganis
Perorangan
Dr. Yati Rohayati;
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2011

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini