ANALISIS POSITIONING TELKOM SPEEDY TERHADAP PENYEDIA LAYANAN INTERNET LAINNYA DI BANDUNG

ADHISWANGGA GALUH WIJAYA

Informasi Dasar

112060163
658
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Dengan terus meningkatnya jumlah pelanggan internet di Indonesia, maka meningkat pula kesempatan bisnis dan kompetisi diantara penyedia layanan internet, dan saat ini di Indonesia terdapat banyak sekali provider penyedia layanan internet. Speedy adalah salah satu produk unggulan Telkom yang diharapkan akan mampu mendongkrak revenue Telkom disisi layanan broadband. Sejak digelar sebagai suatu layanan pertengahan tahun 2005 yang lalu, Speedy telah dianggap suatu produk yang cukup sukses dipasaran. Namun dari segi target yang akan dicapai masih jauh dari sasaran, kondisi ini membutuhkan suatu analisa dalam strategi pemasaran dilihat dari segi pengembangan produk layanan Speedy sendiri sampai dengan langkah yang dapat ditempuh guna meningkatkan angka penjualan dari produk layanan Speedy ini. Dengan semakin berkembangnya kebutuhan internet tersebut, maka banyak sekali pesaing / provider penyedia akses internet lain selain Telkom Speedy di kota Bandung. Contohya antara lain adalah Indosat IM2, Telkomsel Flash, PT Centrin Online Tbk, PT Smart Telecom dan lain-lain. Dengan penawaran yang berbeda- beda dari setiap provider maka menimbulkan ketertarikan akan pemenuhan kebutuhan terhadap pelanggan. Sehingga persainganpun terjadi dalam perebutan angsa pasar penyedia akses internet. Untuk meningkatkan market share produk speedy terhadap penyedia jasa akses internet lainya maka diperlukan positioning dan usulan terhadap strategi pemasaran yang sesuai.

Agar dapat mengetahui positioning Speedy terhadap para pesaing maka dilakukan analisis peta posisi berdasarkan persepsi dan preferensi konsumen. Dengan menggunakan metode weighted average performance dan multidimensional scaling maka akan didapatkan peta perceptual speedy terhadap penyedia layanan internet broadband lainnya berdasarkan Sembilan atribut variabel yang berasal dari marketing mix, yaitu kulitas layanan, konektivitas, pilihan paket, harga, kemudahan mendapatkan produk, promosi, kemudahan pasang baru, customer service & care, dan kemenarikan bentuk modem.

Rumusan rekomendasi strategi bagi PT Telkom adalah Penambahan bandwidth, Maintenance secara berkala, Segmentasi ulang, riset pemasaran terhadap tarif, bekerjasama dengan agen pemasaran, menjadi sponsor dalam setiap acara – acara, penanganan cepat dan tanggap terhadap keluhan konsumen, mempersingkat waktu proses registrasi dan administrasi, akses internet dengan wireless, dan menggunakan modem yang menarik.

Persepsi, preferensi , multidimensional scaling

Subjek

INTERNET SERVICE-TELECOMMUNICATION INDUSTRY
 

Katalog

ANALISIS POSITIONING TELKOM SPEEDY TERHADAP PENYEDIA LAYANAN INTERNET LAINNYA DI BANDUNG
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

ADHISWANGGA GALUH WIJAYA
Perorangan
AGUS ACHMAD SUHENDRA,Ir.,MT; -
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2010

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini