PERANCANGAN E-LEARNING DAPL BERBASIS MOODLE (Studi Kasus : Praktikum Desain Aplikasi Perangkat Lunak di Institut Teknologi Telkom)

Riska Aprilina

Informasi Dasar

112060158
370
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

E-learning merupakan sarana pembelajaran yang baik dan layak untuk dikembangkan dan diterapkan karena memberikan banyak manfaat yang potensial bagi proses pembelajaran. Contoh manfaat yang dapat diperoleh dari penggunaan elearning adalah dari segi efisiensi waktu dan kemudahan untuk memperoleh materi pembelajaran. Pengguna e-learning dapat memperoleh dan mempelajari materi pembelajaran dimanapun dan kapanpun sehingga proses pembelajaran dapat terus berjalan walaupun tidak berada ditempat dan waktu yang sama dengan pengajar.

E-learning praktikum DAPL dibuat untuk membantu proses pembelajaran pada kegiatan praktikum DAPL. Dengan adanya e-learning praktikum DAPL maka mahasiswa dapat memperoleh dan mempelajari materi praktikum DAPL dimana pun dan kapan pun sehingga praktikan dapat lebih mudah memahami materi dan melakukan proses pembelajaran kapan saja. Perancangan e-learning praktikum DAPL menggunakan metode prototype sehingga setiap langkah untuk perancangan e-learning dapat lebih teratur. E-learning praktikum DAPL dibuat dengan menggunakan software MOODLE (Modular Object ? Oriented Dynamic Learning Environment). Moodle memberikan kemudahan bagi pengguna untuk melakukan modifikasi disain e-learning sehingga pengguna dapat membuat e-learning dengan disain yang diinginkan.

E-learning praktikum DAPL akan dibuat dengan merancang 3 konten untuk materi praktikum yaitu konten video, audio, dan animasi. Konten-konten tersebut akan dikombinasikan dengan materi praktikum sehingga membuat materi praktikum semakin menarik untuk dipelajari. Konten-konten tersebut juga dapat membuat materi praktikum DAPL menjadi lebih atraktif dan inovatif karena memberikan tampilan materi praktikum yang berbeda dari sebelumnya. Konten-konten multimedia tersebut diintegrasikan sehingga membuat tampilan multimedia di elearning semakin menarik dan administrator dapat mengatur tampilan multimedia yang akan diinput pada e-learning . e-learning, Moodle, konten e-learning, praktikum DAPL

Subjek

Learning management - university
 

Katalog

PERANCANGAN E-LEARNING DAPL BERBASIS MOODLE (Studi Kasus : Praktikum Desain Aplikasi Perangkat Lunak di Institut Teknologi Telkom)
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

Riska Aprilina
Perorangan
Riza Agustiansyah, ST., M.Kom; Seno Adi Putra, S.Si., MT
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2010

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini