PERANCANGAN SISTEM INFORMASI PENGENDALIAN PROYEK DENGAN PENDEKATAN KONSEP EARNED VALUE BERBASISKAN WEB (STUDI KASUS : PROYEK PEMBANGUNAN GEDUNG BARU LABORATORIUM IT TELKOM)

GINI NOOR AZIZAH

Informasi Dasar

112060149
658
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Pembangunan gedung baru laboratorium IT Telkom adalah salah satu rencana besar IT Telkom dalam mempersiapkan diri menuju perguruan tinggi berkelas internasional yang unggul di bidang Infokom dan menjadi agen perubahan dalam membentuk insan cerdas dan kompetitif Indonesia. Sehingga dibutuhkan suatu usaha pengendalian yang menyeluruh sehingga pelaksanaanya dapat terhindar dari keterlambatan, penyimpangan mutu hasil, pembiayaan yang membengkak, pemborosan sumber daya serta kegagalan untuk mencapai tujuan dan sasaran yang diinginkan.

Pengendalian proyek dibagi menjadi 3 dimensi, yaitu (1) Pengendalian mutu, dilakukan melalui rancangan spesifikasi teknis pengerjaan proyek dan material dan alat yang digunakan karena akan terlihat langsung pada wujud fisik bangunan; (2) Pengendalian waktu, dilakukan dengan usaha perancangan urutan pekerjaan yang efektif sehingga dapat tepat waktu; (3) Pengendalian biaya, diwujudkan melalui penyusunan RABP yang terperinci. Selain usaha pengendalian proyek, diperlukan juga suatu cara agar pertukaran informasi pengendalian tersebut dapat dilakukan dengan akurat dan real time.

Oleh karena itu, dirancanglah suatu sistem informasi pengendalian proyek berbasis web. Sistem informasi yang diusulkan dirancang berdasarkan analisis sistem eksisting dan kebutuhan akan aplikasi yang dapat mempercepat arus aliran informasi antara fungsi organisasi dalam pelaksanaan proyek. Dari hasil perancangan sistem informasi, pengendalian pelaksanaan pekerjaan proyek dilakukan lebih terperinci melalui penginputan pekerjaan, meliputi spesifikasi teknis dan kebutuhan resources, pendokumentasian penggunaan resources, pembobotan setiap pekerjaan sehingga dapat mendeteksi penyebab terjadinya deviasi serta analisis nilai hasil, analisis variansi dan analisis performansi untuk mendapatkan status pelaksanaan proyek. Dan semua informasi tersebut dapat diakses dengan mudah dan cepat dimanapun user berada hanya dengan menggunakan fasilitas internet.

pengendalian proyek, sistem informasi, analisis variansi, konsep nilai

Subjek

INFORMATION SYSTEM
 

Katalog

PERANCANGAN SISTEM INFORMASI PENGENDALIAN PROYEK DENGAN PENDEKATAN KONSEP EARNED VALUE BERBASISKAN WEB (STUDI KASUS : PROYEK PEMBANGUNAN GEDUNG BARU LABORATORIUM IT TELKOM)
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

GINI NOOR AZIZAH
Perorangan
IMAM HARYONO, Ir. , MBAT; RIZA AGUSTIANSYAH, ST. , MKom
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2010

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini