Usulan Program Peningkatan Kematangan Bawahan Dengan Pendekatan Teori Kepemimpinan Hersey-Blanchard Di D Oasis Resto & Lounge

Anisa Ayuning Tyas

Informasi Dasar

112060028
300.5
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

D’Oasis Resto & Lounge adalah salah satu unit bisnis dari Graha Tirta Siliwangi yang bergerak di bidang hospitality industry. Sebagai perusahaan baru yang baru berjalan kurang dari satu tahun, masih banyak hal yang harus diperhatikan oleh perusahaan, salah satunya adalah hubungan antara atasan dan bawahan. Mengingat bahwa sumber daya manusia adalah salah satu hal yang memegang peranan sangat penting bagi keberlangsungan hidup perusahaan.

Setiap karyawan mempunyai kemampuan serta motif yang berbeda-beda, hal inilah yang harus dimengerti oleh seorang pemimpin. Salah satu teori yang membahas tentang kepemimpinan adalah teori kepemimpinan situasional Hersey-Blanchard. Teori ini menjelaskan bahwa gaya kepemimpinan atasan dalam menghadapi situasi tertentu harus selalu menjadi jawaban dari tingkat kematangan bawahannya. Maka tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat kematangan bawahan dan gaya kepemimpinan yang digunakan berdasarkan teori kepemimpinan Hersey – Blanchard, memberikan usulan gaya kepemimpinan atasan yang sesuai dengan tingkat kematangan bawahan berdasarkan teori kepemimpinan Hersey – Blanchard, dan mengusulkan program yang dapat dilakukan oleh perusahaan untuk meningkatkan kematangan karyawan.

Dari hasil penelitian dapat diketahui bahwa rata-rata tingkat kematangan karyawan sudah tinggi, terutama dalam hal kematangan pekerjaan. Akan tetapi masih ada sebagian karyawan yang kematangan psikologis masih kurang. Maka diusulkan beberapa program untuk meningkatkan kematangan karyawan yaitu pendelegasian, program corporate training, tim kerja, perputaran peran pemimpin, program pengembangan karir, dan perbaikan sistem kompensasi. Sedangkan program yang diusulkan berdasarkan kemampuan perusahaan adalah perbaikan sistem kompensasi perusahaan dan program sharing vision untuk meningkatkan komitmen, program upward communication dan program perencanaan karir untuk meningkatkan motivasi, serta program pengembangan karir untuk meningkatkan kepercayaan diri.

teori kepemimpinan Hersey-Blanchard, gaya kepemimpinan, kematangan

Subjek

DEVELOPMENT OF TRAINING PROGRAMS
 

Katalog

Usulan Program Peningkatan Kematangan Bawahan Dengan Pendekatan Teori Kepemimpinan Hersey-Blanchard Di D Oasis Resto & Lounge
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

Anisa Ayuning Tyas
Perorangan
Budi Praptono, Ir., MM.; -
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2010

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini